Freddy Setiawan’s Journey

Hanya Sebuah Goresan

29 Februari

Posted by freddysetiawan on February 29, 2008

Seperti hari-hari biasa, ketika bangun tidur, aku mengecek kalander di dalam HP tua tercintaku yang penuh dengan luka dan goresan, yang menunjukkan betapa Hand Phone ini telah menemani perjalanan hidupku yang penuh makna ini. Sekedar melihat, ada siapakah yang ber-ulang tahun pada hari ini, ada rencana dan proyek apa yang harus aku kerjakan hari ini atau jatuh tempo deadline tugas apa hari ini. Ternyata dan ternyata, tidak apa-apa. Tapi ada sesuatu yang beda hari ini. Ya tahun ini tahun kabisat, jadi sekali lagi aku merasakan tanggal 29 Februari.

Kalo dipikir-pikir, aku yang terlahir pada desember 1988. Baru beberapa kali merasakan indahnya tanggal 29 Februari, di tambah hari ini baru 5 kali, tepatnya tahun 1992, 1996, 2000, 2004, 2008. Gimana ya rasanya kalo orang yang terlahir pada tanggal 29 Februari? Bayangkan dia berulang tahun 4 tahun sekali… Menyedihkan.

Sedikit mengulas Tahun Kabisat (wikipedia) adalah sebuah tahun Syamsiah di mana tidak terdiri dari 365 hari tetapi 366 hari.

Satu tahun syamsiah tidak secara persis terdiri dari 365 hari, tetapi 365 hari, 5 jam, 48 menit dan 45,1814 detik. Jika hal ini tidak dihiraukan, maka setiap empat tahun akan kekurangan hampir satu hari.

Maka untuk mengkompensasi hal ini setiap empat tahun sekali (tahun yang bisa dibagi empat), diberi satu hari ekstra: 29 Februari. Tetapi karena 5 jam, 48 menit dan 45,1814 detik kurang dari 6 jam, maka tahun-tahun yang bisa dibagi 100 (seperti tahun 1900), bukan tahun kabisat, kecuali bisa dibagi dengan 400 (seperti tahun 2000). Benar-benar penuh perhitungan…

Tahun Kabisat menurut definisi ini ada sejak diluncurkannya kalender Gregorian.

One Response to “29 Februari”

  1. ndha tumo said

    Ooo gitu toh??
    Baru tau saya.:P

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: