Freddy Setiawan’s Journey

Hanya Sebuah Goresan

Melangkah Menembus Kegagalan

Posted by freddysetiawan on March 5, 2008

Setelah beberapa hari bertarung di babak penyisihan dan masa tenggang untuk istirahat, akhirnya final itu pun bergulir, suasana terasa begitu panas dan tegang. Piala segitiga, mungkin itu julukan yang tepat untuk menggambarkan trophy yang sedang diincar para kontestan, dimana pada partai puncak kali ini hanya menyisakan 3 orang untuk meraih gelar juara. Semua memiliki kemampuan di atas rata-rata sebagai pejuang tangguh, semuanya ingin meraih keberhasilan, semuanya tidak ingin gagal dan kandas ditengah jalan, semuanya berjuang secara maksimal demi meraih sebuah penghargaan kemenangan.

Setelah beberapa waktu ini aku didera berbagai kesibukan yang tiada hentinya, sampai-sampai aku memutuskan untuk mengorbankan menonton pertandingan-pertandingan lain baik pertandingan yang mendukung para sahabat ataupun pertandingan lain untuk mengukur kemampuan lawan-lawan.

Kekecewaan datang ketika akhirnya final impian tidak tercapai dan hanya menjadi impian, dimana aku menargetkan untuk bertemu dengan para sahabat disana untuk saling mengincar yang terbaik, namun apapun yang terjadi, semua sudah melakukan yang terbaik dan berjuang habis-habisan di tengah medan pertempuran, ditambah bumbu semangat yang membara layaknya para pemain bola professional untuk meriah gelar juara di liganya masing-masing .

Dan yang tak kalah mengecewakan adalah sebuah kegagalan. Jujur sebelumnya aku begitu yakin dan optimis kalau aku akan menjadi bagian dari kebahagiaan dan keberhasilan kali ini. Namun tampaknya Tuhan masih berkehendak lain.

Memang untuk menjadi seorang pemenang, jalan yang akan dilalui tidak selalu jalan yang bertabur bunga, tapi juga semak belukar yang penuh onak dan duri. Itulah tantangan yang harus dilewati demi meraih kemenangan.

Dibutuhkan kegigihan dan pengorbanan untuk dapat menggapainya. Hanya orang yang tidak pernah menyerah yang mampu menjadi yang terbaik. Optimis dibalut keyakinanlah yang membuat ia dapat melangkah menembus kegagalan dan meraih kemenangan. Namun jangan dilupakan, faktor keberuntungan juga sangat mempengaruhi hasil akhir. Liat saja contohnya, banyak tim-tim tangguh yang kenyataannya menguasai persentase penguasaan bola dan mampu mengontrol irama permainan selama 90 menit. Namun harus rela kalah karena faktor kurang beruntung dalam melesakkan si kulit bundar ke dalam gawang lawan. Sungguh kesialan tanpa ujung .

Manusia selalu mengagumi sang pemenang karena ia terlihat dalam suatu rekayasa kehidupan yang sumbernya kerap berada diluar kekuasaannya. Itulah kenapa kita selalu haus akan kemenangan, meski kadang kekalahan yang harus kita terima.

Ya.. Ada kemenangan tentu ada kekalahan. Mustahil untuk membagi 3 piala tersebut, hanya 1 yang berhak meraihnya, meskipun semuanya tampil mengesankan dan memberikan perlawanan yang luar biasa. Semuanya tetap patut diacungi jempol. Itulah pertempuran, menang menjadi arang kalah menjadi abu. Namun ada hikmah di balik itu semua.

Kekalahan adalah sebuah hal yang tidak mudah diterima begitu saja, tapi aku menganggap kekalahan sebagai bagian dari permainan. Lebih baik kalah di final daripada sama sekali tidak berhasil sampai disana. Setidaknya kita sudah pernah mencicipi atmosfernya dan memberikan perlawanan yang cukup berarti. Dalam lubuk hati, itu nilai yang patut dihargai dan diberikan suatu penghargaan tersendiri null

Ayo… Tetap selalu berusaha lakukan yang terbaik. Kegagalan hari ini adalah cambuk untuk menang dan melakukan yang lebih baik di esok hari. Kita semua adalah petempur-petempur sejati yang tidak akan pernah mati dalam berjuang. Kita adalah prajurit terbaik yang dapat menaklukkan segalanyanull.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: