Freddy Setiawan’s Journey

Hanya Sebuah Goresan

Mencoba Bertindak Adil

Posted by freddysetiawan on April 6, 2008

Seorang sahabat mengeluhkan tentang pembagian kerja Student Project Kelompoknya, ia merasa dipihak yang diberatkan dan ia pun merasa pembagian tugasnya tidak adil dan merata.

Kita sering menuntut dan berbicara tentang keadilan. Memang sangat sulit untuk benar-benar berlaku adil, apalagi kita hanyalah manusia yang memiliki 1001 kekurangan. Hanya ALLAH-lah Yang Maha Adil dan Bijaksana. Setidak-tidaknya kita sebagai manusia kita berusaha untuk melakukan yang terbaik dan membuat kedua atau ke-n pihak merasa adil dan puas dengan apa yang di dapat. Sedikit kita membahas tentang keadilan, keadilan (wikipedia) adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik menyangkut benda atau orang

Ada dongeng menarik yang dapat kita petik hikmahnya, judulnya

Ayah Yang Adil

Alkisah seorang pria mempunyai sebidang tanah yang ingin ia wariskan kepada kedua anak lelakinya. Tetapi kedua anak itu masing-masing menginginkan bagian yang lebih besar daripada yang lain.
Untuk membuat mereka berdua senang, ayah itu berkata kepada mereka:
Salah seorang dari kamu akan membagi tanah ini menjadi dua bagian, yang lain mempunyai hak untuk memilih yang pertama.
Maka diundilah siapa yang berhak membagi tanah tersebut dan yang berhak untuk memilih pertama. Anak yang ditunjuk untuk membagi tanah berusaha dengan sebaik mungkin untuk membagi tanah itu menjadi dua bagian yang sama besar, karena ia tidak mau menjadi pihak yang dirugikan. Sehingga bagaimanapun pilihan anak yang satulagi, bagiannya tidak akan lebih besar daripada milik saudaranya. Ia berusaha membagi dua tanah tersebut sehingga ia merasa puas dan yakin keduanya sama besar. Akhirnya kedua anak lelaki itu puas dan begitu pula ayah mereka.

Luar biasa ide pria tersebut. Sungguh baik pula bila kita dapat menerapkan prisnip adil seperti ini dalam kehidupan dan konteks permasalahan yang kita hadapi.

One Response to “Mencoba Bertindak Adil”

  1. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: