Freddy Setiawan’s Journey

Hanya Sebuah Goresan

Derby Della Madonnina

Posted by freddysetiawan on May 4, 2008

Hari ini, kita akan mendapat suguhan menarik dari lanjutan persaingan Liga Italia serie A. Dua tim sekota AC Milan dan Inter Milan akan berjumpa dalam derby della madonnina, yang akan dimainkan di stadion San Siro atau Giuseppe Meazza. Kali ini “rossonero” Milan akan menjadi tuan rumah, dalam duel yang hasilnya tentu akan menentukan langkah keduanya.

Milan memerlukan tambahan nilai penuh untuk bisa mengatrol posisinya ke urutan ke empat, alias mengamankan diri untuk bisa berlaga ke Zona Champions musim depan. Sedangkan Inter membutuhkan tambahan angka penuh untuk memastikan gelar scudetto-nya yang ketiga kalinya berturut-turut.

Pertemuan Kedua tim sekota ini memang sangat terkenal di dunia. Bahkan derby Milan disebut-sebut lebih terkenal dibandingkan pertemuan seteru Liga Argentina, River Plate dan Boca Junior. Pun demikian jauh lebih sengit dibandingkan dengan pertemuan antara dua raksasa spanyol, Barcelona dan Real Madrid. Dan lebih menarik dibandingkan dengan derby-derby tim sekota lainnya.

Karena itu, kita pun memaklumi jika keduanya sangat mempertahankan gengsi dari pertemuan ini. Hal ini juga sangat dimungkinkan karena atmosfer pertandingan kali ini sangat berbeda. Baik Milan maupun Inter tidak hanya sekedar bertemu kemudian memenangkannya dan menambah daftar rekornya. Pertemuan kali ini menjadi sangat spesial dan penuh makna karena keduanya punya kepentingan berbeda.

Kedua tim sudah pasti tidak mau kalah, apalagi Milan yang pada pertemuan sebelumnya di musim 2007/2008 ini tumbang 1-2. Untuk itu, derby kali ini akan mereka jadikan ajang penebusan atas kekalahan tersebut. Bukan hanya itu, bagi Milan, kalah sama artinya dengan melewatkan kesempatan berlaga di Liga Champions musim depan. Posisi Milan saat ini masih diurutan kelima. Supaya bisa tampil di Liga Champions musim depan, posisi keempat harus mereka rebut. Mereka pun masih harus bersaing ketat dengan Fiorentina dan Sampdoria.

Inter sendiri memang relatif tak memiliki beban seberat Milan. Kemenangan yang mereka inginkan agar pesta juara bisa segera dilakukan. Merebut juara disaat lawan yang dihadapi adalah tim sekota. tentunya punya arti tersendiri bagi Inter. Situasi seperti ini pernah dirasakan Milan pada musim 1992, ketika gol tunggal Daniel Massaro ke gawang “Nerazzuri” Inter dan memastikan scudetto untuk Milan.

Wajar jika baik Inter maupun Milan mewajibkan 3 angka penuh dalam pertandingan kali ini, selain karena gengsi, Inter tentu ingin memastikan gelarnya dan Milan ingin merebut jalur Liga Champions. Dan pastinya, duel keduanya bakal seru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: