Freddy Setiawan’s Journey

Hanya Sebuah Goresan

2 Tahun Lumpur Lapindo

Posted by freddysetiawan on May 29, 2008

Mereka dihinakan, tanpa daya… Ya tanpa daya…..(Kesaksian, Iwan Fals-Kantata Takwa)

Hari ini, 29 Mei 2008, dua tahun sudah, saudara-saudara kita ini menjadi pengungsi. Sebagian dari saudara-saudara kita itupun kini ada yang menjadi pengemis bahkan ada yang mengalami ganguan jiwa akibat beban kehidupan yang terlalu berat setelah tanah, rumah, harta dan harapan mereka terkubur lumpur Lapindo.

Namun tak terasa, dua tahun sudah pula Lapindo membohongi kita semua. Pada awalnya, mereka (Lapindo) bilang kepada warga sidoarjo, bahwa perusahaannya adalah sekedar perusahaan pakan ternak, bukan perusahaan pengeboran.

Selanjutnya, para Insinyur dari ITS yang telah dibayar menjadi konsultan AMDAL (Analisa Mengenai Dampak Lingkungan) oleh Lapindo bersikeras mengatakan bahwa perusahaan tambang Lapindo boleh beroperasi di kawasan yang kini telah menajdi kubangan lumpur itu. Padahal sebelumnya Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Sidoarjo menyebutkan bahwa kawasan itu sejatinya hanya diperbolehkan untuk kawasan pemukiman dan budidaya pertanian.

Kini dua tahun sudah berlalu, warga Sidoarjo telah kehilangan segalanya termasuk harapannya kepada pemerintah rejim neoliberal Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) – Jusuf Kalla (JK) yang justru meninggalkan korban Lapindo dan membiarkannya berjuang sendiri berhadapan dengan korporasi besar.

Ya..dua tahun telah berlalu. Dua tahun adalah waktu yang terlalu singkat bagi Lapindo untuk menenggelamkan Sidoarjo. Dua tahun adalah waktu yang sangat singkat bagi Lapindo untuk memaksa dwi tunggal komprador SBY-Kalla untuk bersujud kepadanya. Namun, dua tahun adalah waktu yang terlalu lama bagi kita semua untuk membiarkan kebohongan Lapindo. Dua tahun adalah waktu yang terlalu lama untuk membiarkan kuasa dan wibawa negara dilucuti oleh Lapindo.

berantaslapindo.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: