Freddy Setiawan’s Journey

Hanya Sebuah Goresan

10 Masalah Terbesar Bangsa Indonesia

Posted by freddysetiawan on July 3, 2008

Dalam hidup pasti akan menghadapi berbagai masalah, cobaan dan rintangan. Yang paling penting adalah bagaimana kita menghadapi, menyelesaikan dan menyikapinya.

—————————————————–

Dari hasil survey salah satu televisi swasta nasional, di dapatlah 10 masalah terbesar bangsa indonesia.

1. Persoalan kestabilan ekonomi
2. Korupsi
3. Kemiskinan
4. Pengelolaan BBM
5. Sistem Pendidikan
6. Pengangguran
7. Tingginya Harga Pangan
8. Bencana Alam
9. Kelaparan dan Krisis Pangan
10.Krisis Kepemimpinan

Terlalu banyak masalah yang dihadapi oleh bangsa ini, berbagai masalah, cobaan, rintangan dan bencana datang silih berganti. Kita selalu memimpikan hidup bahagia, sejahtera, damai dan tenang. Namun kita juga tidak bisa merasa bahagia jika masih ada saudara dan tetangga kita yang masih kesusahan, bagaimana mungkin kita tersenyum sedang orang-orang di sekitar kita menangis.

Kita selalu menyebut indonesia sebagai negara berkembang, namun sampai sekarang perkembangannya selalu terseok-seok, entah kapan benar-benar mampu mengepakkan sayapnya. Kita pernah menjadi macan asia, tapi itu dulu, ketika kita menghalalkan segala cara, meraih pembangunan dengan meninggalkan aspek-aspek lingkungan dan kemanusiaan, ketika kebebasan kita dibatasi oleh diktator dan kesejahteraan hanya tampak sebagai kulit, sedang didalam tak lain dan tak bukan hanyalah kebobrokan.

Kita negara yang kaya, berbagai hasil bumi dan alam yang melimpah, namun kita tidak sejahtera, uang rakyat untuk pembangunan dan kesejahteraan masuk ke saku orang-orang tak bertanggungjawab, mereka tidak malu memakan yang bukan haknya. Korupsi telah mendarah daging.

Kemiskinan yang tinggi, banyaknya rakyat yang hidup dibawah garis kesejahteraan. Pengelolaan BBM yang tidak becus dan tidak transparan semakin memperburuk kondisi negara. Melengkapi deretan-deretan masalah bangsa Indonesia.

Bicara soal sistem pendidikan, mahalnya biaya untuk sekolah dan kuliah, ketidakberesan sistem semakin membuat rakyat dan bangsa ini lengkap dengan kebobrokan dan penderitaan. Lihat saja perbandingan yang cukup mengejutkan antara jumlah penduduk indonesia dengan orang-orang ahli yang dimilikinya. Belum lagi pengangguran yang merajalela, tingginya harga bahan pangan, menyebabkan kelaparan bagi saudara-saudara kita, hal tersebut tentu meningkatkan angka kriminalitas, makin merusak keamanan dan kestabilan negara.

Bicara soal alam Indonesia, Bencana alam yang muncul silih berganti, seolah telah menjadi masalah biasa bagi bangsa ini. Penanganan, pencegahan dan sosialisasi yang kurang, seolah tidak pernah berubah, masih sama saja, Indonesia masih belum mampu berbenah dan hal tersebut masih menjadi masalah utama bangsa Indonesia.

Krisis kepemimpinan, minimnya jumlah pemimpin yang benar-benar mampu merubah dan memakmurkan negara ini, krisis akan kepercayaan terhadap pemimpin dan janji-janji mereka, seolah menjadi trauma tersendiri. Melengkapi 10 Masalah terbesar bangsa Indonesia.

Dalam hidup pasti akan menyikapi berbagai masalah, cobaan dan rintangan. Yang paling penting adalah bagaimana kita menghadapi, menyelesaikan dan menyikapinya.

Percayalah. Semua ada solusi. Asalkan kita berada dijalan yang benar, mengatur dengan benar, jujur dan adil serta dan mengikuti ajaran Allah.

26 Responses to “10 Masalah Terbesar Bangsa Indonesia”

  1. ungGara said

    saya sebg mahasiswa turut prihatin tentnag masalah yang dihadapi bangsa indonesia……
    tetapi kita sebagai penerus bangsa tentunya tidak hanya diam saja kan..
    oleh karena itu kita sbgai warga indonesia wajib memberikan slusi yang lebih nyanta bukan hanya tori saja melainkan prakteknya….
    lalu bagaimana tugas pemerintah sebagai pemimpin bangsa dalam mengatasi msalah bangsa kita ini….????

    semangatlah ….

    • avery said

      upz.. jgn terlalu obsesi ke or obsesi utk mnjadi generasi penerus…

      tapi, kta msti jadi gnerasi pelurus bangsa ini..
      😀

    • azima said

      ya bukan hanya menjadi generasi penerus, dan juga pelurus tapi apa kita bisa dengan beribu persoalan yang ada di indonesia ini, andai kata semua mahasiswa saja lah, yang punya pemikiran kaya gitu, tapi mana mungkin, bahkan sekarang, mahasiswa saja yang di bilang intelektual, menyelesaikan masalahnya masih dengan otot sob

  2. firman said

    mengapa indonesia trus mendapat kan masalah?????

  3. fadly said

    masalah di Indonesia tercinta ini begitu banyak yah.. saya turut prihatin mengetahui hal ini.
    masalah akan bisa di selesaikan bila kita bekerja sama satu sama lain. seperti pepatah, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh.
    kita harus siap bekerjasama dalam pembangunan Indonesia! saya siap! bagaimana dengan para generasi muda yang lain?? ayooo kita bersatu dalam membentuk negara Indonesia untuk lebih baik!!

  4. alkafi said

    Ironis – bila kita kaji lebih jauh, apa yang ditulis di atas, justru berbanding terbalik dengan kekayaan yang dimiliki bangsa ini, bukan hanya alamnya, namun manusianya, kita punya banyak kelebihan dibandingkan dengan negara-negara lain didunia. Namun, potensi yang ada bukannya menjadi faktor bagi bangsa ini untuk berkembang, malah justru jadi boomerang untuk saling menguasai.
    Mungkin kita tidak lagi butuh terhadap pemerintah, tapi justru pemerintahlah yang membutuhkan rakyatnya.

    Regards.

  5. irwin said

    tak usah saling menyalahkan yang penting duduk bersama saling berbagi dan belajar, untuk menyelesaikan permasalahan yang di hadapi Bangsa ini.. MARI BANGKIT DAN SEJATERAHKAN BANGSA INI!!!

  6. Opay said

    Kita dah tahu sendi” permasalahan bangsa kita,, mengeluh tu g da guna.nya.. namun kita bisa mulai dari sekarang untuk menjadi lebih baik dan menjadi yang terbaik..

  7. dedi purwanto said

    sekarang kita udah tahu gimana keadaan indonesia sekarang ini,maka dari itu,kita sebagai generasi penerus harus bisa mengembalikan indonesia yg pernah berjaya seperti dahulu.klau ngak kita2 siapa lagi…..!

  8. rizkan said

    kenalin, rizkan iskandar wigena.
    insyaallah jadi org yg ngehapus permasalahan indonesia yg nomber 4.
    minta do’anya =))
    amiin..

  9. joni said

    Bagi SAYA titik pokok permasalahan orang indonesia ada 2 adalah pada
    1.Orangnya yang Bodoh dan2. Korupsi
    kenapa saya bilang
    1.Orangnya bodoh : alasan : masih mau aja dikadalin negara lain, gak cinta sama budaya sendiri,cinta produk asing( sok pamer dengan apa yang di beli agar disanjung orang padahal kalau gue sie HOAX..jeleh jane petintang petinting kaya celeng sox elegan sok mewah )
    2.Korupsi
    adalah masalah yang mengakar kenapa karena setiap korupsi yang dilakuakn akan berpengaruh terhadap masalah-masalah lain sehrusnya uang korupsi tersebut bisa digunakn untuk mengatasi masalah kemiskinan,membiayai subsidi BBM ,mengatasi kelaparan,mengurangi kerugian negara,menangani masalah kesehatan dll..
    Seharusnya para koruptor itu harus di hukum penggal/mati knapa ga cuma 1ribu atau juataaN tp sudah MILIARAN itupun tidak dilakukan 1 orang tp banyak…….Coba bayangin seberapa banyak tu Uang????? bisa dimanfaatkan untuk membangun negara ini.
    Seharusnya sedikit selesai tu maslah
    Cobalah rubah….

  10. Keseluruhan permasalahan ini harus segera kita jadikan pelajaran. Bahkan sampai saat ini ke-10 masalah ini masih merundung negeri kita tercinta. Jangan sampai persoalan ini kian mendarah daging dan mengurat di negeri ini. Saya bingung, apakah tidak ada lagi orang-orang pintar, cerdas, dan bermoral di negeri kita tercinta ini. Ke semua persoalan ini sesungguhnya dapat kita berantas dan cegah dengan lebih mengedepankan pendekatan yang berbasis moralitas, tanpa mengenyampingkan ketegasan. Tidakkah kita prihatin atas persoalan yang kerap melanda negeri ini. Lantas, apakah kita hanya mampu berpangku tangan tanpa berbuat apapun. Sebagai generasi penerus dan pelurus, ke depannya, eksistensi dan tindakan tunas muda akan sangat dihargai sekaligus dinanti-nantikan. Mulailah dari diri sendiri. Jangan terpaku dan bermalas-malasan. Nasib negeri ini ada ditangan para tunas muda yang memiliki moralitas sejati!

  11. sofian said

    seper ti yang telah di paparkan kn tadi tdi banyak sekali masalah masalah yang di hadapi indonesia.saya berkomikmen bahwa negara indonesia begini sikap para pemerintah yang tidak terbuka kepada masyarakat.karna mereka lebih kepentingan pribadi mereka dari pada tujuan mereka sebagai negara indonesia.saya tau mereka yang ada di atas sana adalah orang orang pintar akan tetapi mereka membodohkan diri mereka di mata masyarakat,pura tidak tau bahwakan tidak mau tau apa masalah yang di hadapi masyarakat nya

  12. tegar agung pambudi said

    melihat kondisi indonesia tuh sudah buruk mau drubah seperti apa susah.

  13. bangsa indonesia said

    banyak comentar tapi ngk ad yg dengar,,, klo emang dia manusia yang sdar betul sadar pembesar yang hanya memikirkan perut_A,,negara ni pati tidak akan ada nama_a masah yg seperti kita hadaapi ini,,,BANGKITLAH PEJUANG-PEJUANG INDONESIA, inilah negaraku

  14. AKU BANGGA NEGARAKU INDONESIA said

    wahai pemegang para pembesar INDONESIA aku pinggin kesadranmu hanya kepadamulah kami tempat bertumpu tuk membangkitkan bangsa kami, kembalilah dengan membaca al-Qur’an disitu allah menjelasakan segala perbuatan kita, renungkan pembalasan allah pasti( wajib ada) allah tidak tidur pun pula tidak buta dan bisu, allah melihat segala perbuatan kita nanti di akherat ap kita mampu memikul kesalahan kita kembalilah dengan al-Qur’an dan hadis,,, klo blm juga sdar itu bukan manusia,,,dimana para ulamak menyertai do’a untukmu dan untuk negara kita, makmur dan sejahtera,,,klo kita insan yg sadar allah pula akan membalas dengan perjuanganmu,,,,,AKU BANGGA NEGARAKU INDONESIA

  15. Nola said

    Basically stated, each human becoming is various.

  16. rikma syahriah said

    katanya setiap masalah pasti ada solusinya, tapi bagaimana dengan solusi-solusi yang telah direalisasikan namun masih saja fenomena problematika di tanah tercinta kita ini masih belum tuntas……………

  17. asrul muslim said

    itulah fakta politik indonesia.. sejak ini kita kembalikan pd diri masing2 tanamkan didirikita kita akan memberikan yg terbaik buat indonesia..
    bukan mementingkan diri masing2 sperti saat ini dn jangan pernah menjalani kepemimpinan yg dimana yg tinggi berkuasa..
    kita merupakan demokrasi..
    buat sahabat yg berjiwa muda tekat kan dari sekrang untuk memajukan negara tercinta.. hindari politik kotor bangun politik bersih..
    merdeka,merdeka,merdekaa..

  18. Herfiana said

    Menurt saya,indonesia it slah d sistem pemerintahan blng aj negara kta hukum demokrasi,tp sistem it tdk berjaln dgn baik,rakyat jg tdk dpt d slahkan knp dan mengapa mereka mw d suap ?krna merka jg btuh uang..

  19. Rindy said

    Kalo Sebutkan 10 masalah yang dihadapi bangsa kita akhir akhir ini berdasarkan pengamatan apa ya?
    tolang di bales ya…saya tunggu balasannya…

    Terimakasih ^_^

  20. wahdanyyah said

    Sebenarnya indonesia itu sangat kaya dengan segala hal yang ada di dalamnya yang dapat di manfaatkan untuk membantu mengatasi masalah ekonomi indonesia,dengan cara menghemat segala apa yang dapat di manfaatkan contohnya menhemat bahan bakar,gas,dll. indonesia memiliki tanah yang subur untuk di tanami banyak bahan makanam ( buah buahan,bumbu” masakan,dll) itu semua dapat kita lakukan apabila rakyat indonesia menyadari bahwa kebutuhan sehari harinya dapat di dapatkan di lingkungan sekitar dan agar indonesia tidak menjadi negara yang sangat bergantung kepada negara lain untuk meng-ekspor bahan makanan dari luar yang membuat indonesia semakin terpuruk dengan krisisnya indonesia seperti saat ini yang semakin di banjiri banyak masalh.
    Di tambah lagi dengan para pejabat yang korup yang ingin memakan uang rakyat yang seharus nya uang itu di gunakan untuk membangun indonesia menuju yang lebih baik dan mandiri yang tidak terlalu berharap dengan bantuan negara lain…yang di butuhkan indonesia saat ini adalah pemimpin yang memiliki figur yang baik yang benar benar ingin indonesia maju dan menjadi negara yang lebih baik lagi,mencegah dan menangkap para pejabat yang korup di mulai dari pejabat RT s/d Pejabat tertinggi di indonesia,agar sistem yang berjalan di indonesia dapar berjalan dengan lancar dan bersih tanpa ada yang diberatkan.
    SEBAGAI WARGA INDONESIA kita patut menuruti segala sesuatu yang di jalankan oleh pemerintah yang bertujuan untuk mencegah krisis ekonomi indonesia,,namum pemerintah juga harus mengetahui apa yang di butuhkan oleh masyarakatnya dan tetep memikirkan keseimbangan pendapatan rakyat yang sebagian mendapat pendapatan kecil selama sebulan yang membuat mereka menjadi labih susah lagi dalam memenuhi kebutuhannya.!!!!!!

  21. joe said

    dalam pemikiran kita masing-masing mempunyai sesuatu solusi untuk negara ini , oke ..sekarang kita mempunyai 10 masalah , tentu saja itu berat memulai satu demi satu masalah terselesaikan ..
    kita targetkan saja begini , 10 masalah ini harus selesai dengan cara yang benar asalkan ” JANGAN ADA LAGI MASALAH KEDEPAN ” kalo tentang masalah korupsi .. itu biar tuhan yang selesaikan , karena sekian tahun masalah ini belum juga tuntas ,.

  22. edy ss said

    dan sekeras dan sekuat apapun kita bergejolak, berdemo, berdebat, maupun saling membunuh itu tak kan menggoyah tikus-tikus abdi negara. karena telinga mereka terlalu kecil ataupun sudah tertutup hingga mereka tidak lagi dapat mendengar/mengerti apa kata demokrasi. dan mereka juga telah terbodohi dengan namanya conspiracy

  23. Najib said

    As@ mahasiswa,_
    kenapa Qta cuman mengkriting, mempelajari nd koar2? kapan Qta aktion,ny? sekarang kira2 Qta bisa lakuin apa bwt paling engga’ ngebantu keg gitu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: