Freddy Setiawan’s Journey

Hanya Sebuah Goresan

Menulis (Lagi) Tentang Sepeda UI

Posted by freddysetiawan on July 21, 2008

Baru UI yang memiliki jalur sepeda. Diharapkan jalur ini dapat menjadikan UI sebagai kampus hijau dan bertaraf internasional

————————————————–

Universitas Indonesia (UI) punya konsep menangkal berkembangnya global warming ke dalam kampus berupa penyediaan jalur sepeda. Hal ini diharapkan mampu menggiring mahasiswa untuk bersepeda, yang selain sehat, juga bisa membuat udara kampus lebih segar lewat pengurangan kendaraan bermotor di dalam kampus .

Jalur sepeda UI sampai saat ini merupakan satu-satunya jalur sepeda yang berada di dalam lingkungan kampus untuk seluruh Indonesia. Belum ada yang punya. Baru UI yang memiliki jalur sepeda. Diharapkan jalur ini dapat menjadikan UI sebagai kampus hijau dan bertaraf internasional. Jalurnya sendiri berada di sebelah kanan trotoar pejalan kaki kalau Anda datang dari pintu gerbang utama. Urutannya adalah (mulai dari kiri ke kanan) jalan besar-trotor-selokan-jalur sepeda.

Jalur sepeda yang juga berkonsep sebagai jalur fun recreation tersebut tidak dimulai dari pintu gerbang utama, tapi dari jalan sebelumnya tepatnya dari asrama mahasiswa yang berada di belakang (dekat pintu keluar ke arah Pasar Minggu). Nah, kalau Anda bersepeda mulai dari asrama, lintasan yang terbuat dari batu-batu conblock berwarna merah tersebut bervariasi dengan adanya tanjakan dan turunan melewati danau yang di depannya terlihat plank UI (terkenal dengan sebutan Hollywood UI).

Ada jalur, tentu harus dilengkapi juga dengan parkiran dan halte. Begitu juga dengan jalur sepeda UI. Di tiap-tiap fakultas disediakan parkiran yang bisa memuat 20an sepeda. Parkiran tersebut terbuat dari besi setinggi kurang lebih 1 meter dan untuk meletakkan sepeda cukup sangkutkan ban depan atau belakang ke sisi dalam besi. Cara ini terbukti ampuh agar sepeda yang parkir dapat tertata rapi. Parkiran terbesar ada di depan Stasiun KRL UI yang bisa memuat sampai 50an sepeda. Sedangkan fungsi halte yang berukuran 4×2 meter dimaksudkan sebagai tempat berteduh dan beristirahat serta sebagai pos penjagaan bagi petugas.

Konon katanya, sampai saat ini UI sudah menerima sumbangan sepeda sebanyak 1000 unit. Sepeda-sepeda tersebut akan tersedia di setiap halte sehingga ada kemungkinan mahasiswa dapat berganti-ganti sepeda setiap saat. Untuk yang membawa sepeda sendiri, tentu akan lebih mudah karena mereka hanya cukup menitipkannya saja di halte tertentu.

Dan akhirnya kabar gembira bagi para pecinta sepeda dan anak-anak UI! Akhirnya sepeda itu telah dapat dipergunakan dengan sistem free of charge alias gratis. Cukup menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa. Tiap sore akan terlihat banyak anak-anak UI yang ingin mencoba fasilitas ini.

Meski jauh dari sempurna, sungguh semakin lengkap sudah keindahan UI. Pohon hijau dimana-mana, danau, dan jalur sepeda!. wah.. seru niy..

null

4 Responses to “Menulis (Lagi) Tentang Sepeda UI”

  1. ndha tumo said

    hahaha…
    ganteng2 semua tuh…
    kata anggun.. wekekek.
    seru banget sih jalan2 gituh. trus yang moto sapa??

  2. haha…
    ganteng semua, kecuali gw🙂
    hehe

    yang potoin-nya orang laen yang lagi lewat, dipaksa aja. hehe

  3. aiu said

    wew, kamu yg mana dy?
    yg paling ujung kiri y?
    tenang aja,. paling cakep kok!! ^^
    itu yg dd cerita ama ayu kan? ttg jalur sepeda..
    ingat?

  4. Pernah nyoba spedaan di dalem hutannya (bukan di trek resminya).
    Lumayan seru. Tapi tentunya ga bisa pake sepeda kuning. Musti modal speda sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: