Freddy Setiawan’s Journey

Hanya Sebuah Goresan

Antara Facebook dan Kualitas Masa Depan

Posted by freddysetiawan on July 22, 2008

Kualitas masa depanmu sangat bergantung kepada kualitasmu hari ini
—————————————————

Beberapa sahabat sempat menyuruhku untuk segera membuat facebook. Namun aku selalu menolak, alasanku sangat sederhana, malas, lagi gak mood, ntar aja kapan-kapan dan sebagainya . Salah seorang sahabat sempat bercanda mengejek “udahlah fred, jangan gara-gara gue udah buat duluan terus loe gengsi gak mau bikin“. Namun lewat tulisan ini aku hendak menyampaikan bahwa aku memang sedang tidak berminat, dan kelak bila aku berminat aku akan membuatnya, tanpa harus dikomandoi .

Hal tersebut mengingatkanku kepada salah satu topik yang pernah diangkat oleh dosen filsafatku, dosen yang pernah meyakinkanku akan pentingnya ilmu filsafat, sebuah ilmu tentang penyelidikan terhadap hakikat segala sesuatu kualitas masa depan. Topik itu adalah penundaan.

Banyak di antara kita yang sadar bahwa kebiasaan melakukan penundaan adalah tindakan yang harus dihindarkan. Namun berapa banyak pula yang belum mampu untuk menghilangkan kebiasaan tersebut. Termasuk diriku. Setelah melakukan penundaan, kemudian sadar dan berjanji dalam hati untuk tidak melakukannya lagi di waktu yang akan datang.

Namun bila tiba waktunya, sering kali kita lupa akan janji kita sendiri dan kemudian akan menundanya lagi. Karena ini merupakan suatu kebiasaan, sulit sekali untuk merubahnya. Oleh karena kita sudah ahli dalam menunda, maka kita seharusnya bisa menggunakan keahlian kita dalam menunda untuk menunda penundaan itu sendiri.

Dosen filsafatku pernah berkata “Maka bila engkau menunda pelaksanaan dari rencana-rencanamu, sebetulnya engkau sedang menunda kedatangan kesejahteraan, kebahagiaan dan kecemerlangan yang menjadi impian-impian hatimu.

Aku jadi bertanya pada diriku sendiri, apakah aku menunda untuk membuat facebook akan menunda kedatangan kesejahteraan, kebahagiaan dan kecemerlangan untuk menjadi impian-impian hatiku? Rasanya terlalu jauh, menunda untuk yang satu ini tampaknya tidak termasuk. Begitulah menurutku. Antara facebook dan kualitas masa depan mungkin memang ada kaitannya, bagi pembuatnya, ia bisa menjadi kaya raya, tenar dan sukses. Namun bagi aku itu bukanlah suatu masalah penting untuk saat ini. Namun entahlah.

Dalam kesempatan kali ini, aku sedikit memberi saran, alangkah baiknya jika mulai sekarang kita mulai untuk tidak menunda-menunda rencana-rencana kita. Terutama rencana untuk meraih sebuah kehidupan yang sejahtera, membahagiakan dan cemerlang. Berhubungan dengan usaha untuk menghilangkan kebiasaan dalam menunda. Dan kita tidak boleh membiarkan hati kita sendiri kehilangan hormat kepada diri kita, karena kita menggemarkan diri kita menunda pelaksanaan dari sesuatu yang hasilnya penting bagi kehidupan kita. Kualitas masa depanmu sangat bergantung kepada kualitasmu hari ini

2 Responses to “Antara Facebook dan Kualitas Masa Depan”

  1. bilik2engeline said

    Semua betul, tapi God juga memberikan kemampuan kita untuk memilah mana yang prioritas. So,mungkin penundaan juga ada yang berakhir dengan ‘tidak usah dilakukan’ karena emang ga terlalu penting…ya kan?
    salam…

  2. […] aku pernah menuliskan sebuah tulisan yang aku anggap cukup kontroversial, sebuah tulisan berjudul Antara facebook dan kualitas masa depan. Kenapa aku anggap kontroversial, karena sebenarnya aku berbohong pada pembaca dan kepada diriku […]

Leave a Reply

 
