Freddy Setiawan’s Journey

Hanya Sebuah Goresan

Olimpiade Beijing 2008

Posted by freddysetiawan on August 9, 2008

“One World, One Dream” (Satu Dunia, Satu Impian)

———————————————–

Olimpiade 2008 akhirnya kemarin resmi dibuka, tepat pada jam 8 menit 8 detik 8 tanggal 8 Agustus (Bulan ke 8 ) Tahun 2008. China menunjukkan kekuatannya kemarin melalui Upacara pembukaan Olimpiade Beijing dengan menyuguhkan atraksi kolosal luar biasa yang menakjubkan.

Stadion “Sarang Burung” membuka sebuah perhelatan akbar dari sebuah negara sangat besar, yang berpenduduk 1,3 miliar, yang selama tujuh tahun mempersiapkan diri untuk menggelar Olimpiade musim panas ke-29.

Sejak terpilih untuk menggelar hajatan raksasa ini, dengan semua mega fasilitas dan infrastruktur yang dibangun, China berinvestasi hingga 43 miliar dolar AS (Rp 396 triliun). Sekitar 100 juta dolar (Rp 900 miliar) dianggarkan hanya untuk upacara pembukaan dan penutupan, dan jumlah ini dua kali lipat dari dana Olimpiade sebelumnya di Athena, Yunani.

Tercatat sekitar 14 ribu penampil dan 29 ribu kembang api menyemarakkan seremoni yang menakjubkan. Sutradara film Zhang Yimou, yang dulu pernah dicekal oleh pemerintah China, memimpin upacara yang dahsyat ini. Selama tiga tahun ini mempersiapkan acara dan berjanji akan menyuguhkan kepada dunia sejarah 5.000 China dalam satu malam.

Olimpiade Musim Panas 2008, secara resmi dikenal sebagai Games of the XXIX Olympiad (Pertandingan Olimpiade ke-29), diadakan di Beijing, Republik Rakyat Cina dari 8 Agustus hingga 24 Agustus 2008, dengan acara pembukaan yang diadakan pada pukul 08:08:08 (8 malam lewat 8 menit dan 8 detik – angka 8 diasosiasikan dengan kemakmuran dalam kebudayaan Tionghoa).

Logo resmi pertandingan, berjudul “Dancing Beijing” (Beijing Menari), dibentuk berdasarkan karakter kaligrafi “jing”, merujuk kepada kota tuan rumah Beijing. Maskot Beijing 2008 adalah lima Fuwa (Fúwá; secara harafiah bermakna “boneka-boneka keberuntungan”), masing-masing menggambarkan satu warna pada cincin Olimpiade. Moto Olimpiade adalah “One World, One Dream” (Satu Dunia, Satu Impian). Olimpiade Beijing akan terdiri atas 204 negara peserta (setelah Brunei Darussalam di coret karena belum mendaftar atlet peserta setelah waktu yang telah ditentukan), 302 pertandingan dari 28 cabang olahraga, hanya satu pertandingan lebih banyak daripada Olimpiade Athena 2004.

null

Medali yang akan dibagikan kepada para pemenang Olimpiade Beijing 2008 juga unik karena di bagian belakang ke-3030 medali tersebut dipasangi cincin giok untuk melambangkan kebudayaan nasional. Desain yang dibuat oleh Profesor Hang Hai tersebut telah disetujui oleh komite penyelenggara Olimpiade 2008.

Komite Olimpiade Internasional memberikan dua syarat untuk desain medali Olimpiade. Yang pertama adalah bahwa desain tersebut haruslah unik, kedua bahwa desain tersebut harus memiliki karakteristik negara tempat Olimpiade berlangsung.

Giok yang digunakan berasal dari penambangan di Kunlun karena di sana ditemukan material giok dalam jumlah besar yang bermutu bagus. Karena ada tiga macam giok yang akan dibuat (untuk medali emas, perak, dan perunggu), maka untuk keseluruhan medali yang akan dibagikan giok-giok tersebut harus kurang lebih bewarna yang sama sehingga tidak terjadi kesenjangan antara penerima medali yang sama satu dengan yang lain. Hambatan lain yang dihadapi adalah kesulitan untuk menempelkan giok yang keras dan mudah pecah ke permukaan logam mulia. Sejak diumumkannya keputusan menggunakan giok Kunlun, harga giok tersebut di pasaran langsung naik. Giok-giok tersebut selanjutnya akan dikirimkan ke pusat kerajinan giok di kota Yangzhou.

Program pertandingan-pertandingan untuk Olimpiade Musim Panas 2008 Beijing sangat mirip dengan Olimpiade Athena 2004. Olimpiade Musim Panas 2008 akan melihat kembalinya 28 olahraga dan akan menyelenggarakan 302 pertandingan (165 pertandingan pria, 127 pertandingan wanita dan 10 pertandingan campuran), hanya satu lebih banyak daripada di Athena.

Tentang estafet obor olimpiade, dua puluh delapan kota di dunia terpilih untuk menerima tahap global-tour obor mengelilingi dunia (the torch’s tour around the world)- estafet Api Olimpiade. Selain itu, 78 kota akan menerima obor dalam tahap domestik melalui RRT.

Dipersembahan kepada IOC di Moskwa adalah rencana untuk rute estafet obor yang akan mengambil api Olimpiade melalui situs-situs megah peradaban kuno -Yunani, Italia, Mesir, Irak, Iran, India dan akhirnya RRT- meskipun rute melalui Timur Tengah tidak dijamin dikarenakan iklim politik di wilayah tersebut. Estafet obor Olimpiade Musim Panas 2008 akan mencapai rekor dunia atas delapan puluh pendaki gunung terlatih akan membawa api Olimpiade ke puncak Gunung Everest (dikenal oleh orang Tibet sebagai Chomolangma), membuatnya sebagai pencapaian prestasi dengan ketinggian tertinggi dalam sejarah estafet obor Olimpiade. Liu Qi, presiden Komite Pelaksana Olimpiade Beijing 2008, juga telah mengungkapkan harapan bahwa estafet obor akan dibawa melalui Taiwan. Keseluruhan rangkaian estafet obor harus mengambil api Olimpiade dari Athena pada Maret 2008 melalui pegunungan Himalaya ke Beijing dan akan disponsori oleh raksasa minuman ringan, The Coca-Cola Company di samping raksasa elektronik Korea Selatan, Samsung.

Estafet obor ini dimulai dengan dinyalakannya api obor di Olympia pada 24 Maret 2008. Dari situ obor dibawa melintasi Yunani dan tiba di Beijing pada 31 Maret. Kemudian dari Beijing obor akan dibawa mengunjungi kota-kota dunia, termasuk kota-kota dalam Jalur Sutra yang melambangkan hubungan antara Cina dengan dunia pada zaman dahulu. Setelah itu barulah obor akan dibawa mengelilingi kota-kota di RRC sebelum tiba kembali di Beijing.

Wikipedia

Mari kita lihat Beijing Olympic Games Opening Ceremony

Hingga saat ini, ini adalah pesta pembukaan olimpiade yang termegah dan terspektakuler sepanjang sejarah Olimpiade

4 Responses to “Olimpiade Beijing 2008”

  1. China memang berhasil menunjukan kekuatannya pada acara pembukaan Olimpiade kemarin.

  2. […] Comments Olimpiade Beijing 20… on Olimpiade Beijing 2008freddysetiawan on Cinta Yang Tak Akan Hilan…nadeCila on Spanyol Juara Piala […]

  3. ndha said

    Kereeeeen…

  4. Tjandra Halim W said

    China veryyyyy Amazingggggggggg😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: