Freddy Setiawan’s Journey

Hanya Sebuah Goresan

Pekan Yang Melelahkan

Posted by freddysetiawan on August 23, 2008

Hari Selasa sampai jumat semarin (19-22/8/08), aktivitas yang terjadi kampus Universitas Indonesia (UI) Depok sedikit berbeda. Jika pada hari biasa jam 5 pagi baru petugas kebersihan dan satpam yang baru datang, maka pada hari spesial itu, lebih kurang 5000 mahasiswa baru (kayaknya gak nyampe deh) berkumpul di perempatan pocin di UI Depok. Mulai dari panitia, sampai dengan maba-maba. Ada yang berjalan santai , ada yang panik mencari dimana tempat yang dimaksud agar tidak terlambat , ada juga yang kesasar dan hanya mengikuti maba-maba yang lain .

Ya, mereka semua datang untuk mengikuti Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) UI 2008. Dengan dress code maba kemeja putih dan bawahan putih (rok panjang putih untuk wanita dan celana panjang putih untuk pria, semua bahan bukan jeans). Panitia dengan batik dan jaket kuning serta bawahan hitam (boleh jeans ataupun bahan). Pagi itu menjadi sangat ramai.

Kenapa bisa sampai 4 hari, jika dilihat baik-baik, sebenarnya hanya 2 hari, hari selasa dan rabu adalah acara untuk S1 Reguler, dimana hari pertama untuk acara OKK dan hari kedua untuk acara perkenalan UKM. sedangkan untuk kamis dan jumat untuk S1 nonreguler dan D3 (Vokasi)

Walaupun sudah diberitahu berulang kali untuk datang jam 05.30, tetap saja ada mahasiswa baru yang baru datang pukul 06.00, bahkan ada pula yang jam 08.00 baru tiba. Untung saja ada komisi disiplin yang mengatur hukuman apa yang pantas untuk mahasiswa baru yang telat .

Setelah diberi pengarahan selama hampir 2 jam, pada pukul 07.30 para mahasiswa baru pun serentak bergerak ke Balairung untuk mengikuti pengarahan akademis dari rektorat dan beberapa motivasi dari BEM UI.

Selama di Balairung, mahasiswa baru terlihat sangat antusias dalam mengikuti pengarahan dari rektorat . Setelah kurang lebih 3 jam duduk di lantai, mahasiswa baru diajak untuk sedikit menggerakkan tubuh mereka dalam sesi dinamika kelompok. Memang acara dinamika kelompok ini seolah merupakan puncak acara OKK UI. Mahasiswa baru dibagi menjadi 2 kelompok, pria dan wanita. Masing-masing diwajibkan untuk menarik tali yang menggantung di atap balairung. Kekompakan, kerjasama, dan tekad yang kuat dibutuhkan untuk dapat menarik tali yang akhirnya menampakkan spanduk yang diharapkan bisa menyemangati mahasiswa baru dalam menghadapi dunia perkuliahan UI yang berat.

Di hari kedua acara jauh lebih santai, Semacam expo ekskul-nya ketika masih sekolah, ini adalah hari pameran Unit Kegiatan Mahasiswa. Ada UKM-UKM dari berbagai cabang olahraga seperti sepak bola, karate, tae kwon do, dll, cabang seni fotografi, orkestra, dancesport, marchingband, dll, dan juga UKM rohis dari berbagai agama di Indoesia

OKK UI 2008 dengan tema bangkit Indonesia mempunyai konsep yang berbeda dibanding dengan OKK pada tahun sebelumnya. Pada tahun ini tidak ada kekerasan fisik maupun psikologis pada pelaksanaannya. Selain itu, OKK UI 2008 merupakan salah satu peryaratan bagi Mahasiswa Baru (MaBa) untuk resmi menjadi anggota IKM UI dan mendapatkan sertifikasi dari DPM UI. Sebagai buktinya, MaBa akan diberikan kartu anggota IKM UI. Selanjutnya, silakan menuju Akses Cepat yang terdapat di bagian kanan atas dari halaman ini, terutama bagian PENGUMUMAN untuk informasi terbaru. Selamat mengerjakan hal-hal yang menyenangkan persembahan kami kepada kalian, angkatan 2008.

Ikrar Bangkit Indonesia

“Betapa inginnya kami agar bangsa ini mengetahui bahwa mereka lebih kami cintai daripada diri kami sendiri. Kami berbangga ketika jiwa-jiwa kami gugur sebagai penebus bagi kehormatan mereka, jika memang tebusan itu yang diperlukan atau menjadi harga bagi tegaknya kejayaan, kemuliaan dan terwujudnya cita-cita mereka, jika memang itu harga yang harus dibayar.”

”Tiada sesuatu yang membuat kami seperti ini selain rasa cinta yang telah mengharu biru hati kami, menguasai perasaan kami, memeras habis air mata kami, dan mencabut rasa ingin tidur dari pelupuk mata kami. Betapa berat rasa di hati ketika kami menyaksikan bencana yang mencabik-cabik bangsa ini, sementara kita hanya menyerah pada kehinaan dan pasrah oleh keputusasaan.”

”Kami berjanji dengan sepenuh hati akan berjuang sekuat-kuatnya, sehormat-hormatnya sebagai mahasiswa Universitas Indonesia, Bangsa Indonesia, makhluk Allah Yang Maha Kuasa, untuk membantu kondisi tanah air ini, bangsa ini menjadi lebih baik.”

Bangkit Indonesia!!!

3 Responses to “Pekan Yang Melelahkan”

  1. warmorning said

    Jadi panitia bos?

  2. Wah, salam kenal yaa.
    Aku MaBa UI tapi masuk tahun ini…

  3. woow, angkatan saia ini berati nih😮 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: