Freddy Setiawan’s Journey

Hanya Sebuah Goresan

Si Dia Mulai Berubah

Posted by freddysetiawan on September 20, 2008

Sebelumnya, kekasih anda selalu menunjukkan sikap mesra, penuh perhatian dan terbuka pada Anda. Setelah sekian lama hubungan berjalan, entah mengapa ia mulai menunjukkan sikap yang lain. Bukan tak mungkin ia mulai berubah, atau tengah menjauhi Anda. Mari kenali tanda-tandanya.

1. Jarang menelepon dan menerima telepon
Alasannya ia sedang sibuk berat, banyak kerjaan, tugas, proyek bahkan harus lembur. Sampai-sampai ia tak sempat menelepon atau mengangkat telepon. Jika keluar kota, ponselnya sering tak aktif agar tak terganggu. Ia hanya akan menghubungi Anda saat butuh saja.

2. Tak ada lagi SMS atau telepon selamat tidur
Waktu masih pendekatan atau baru pacaran, hampir tiap malam SMS atau telepon selamat tidur Anda terima. Setelah beberapa waktu berlalu, SMS dan telepon itu mungkin akan berkurang. Namun, jika rutinitas ini tiba-tiba berhenti, Anda patut curiga. Apalagi Anda sudah mencoba memancingnya dengan mengirim SMS, dia tak kunjung membalas. Alasannya, ia sudah tidur, mengantuk berat atau tidak ada pulsa.

3. Menjaga ketat HP dan dompet
Ia takut Anda tahu isi dompetnya. Itu sebabnya, dompet tak pernah ia taruh sembarangan. Ia juga takkan jauh dari HP. Kalau perlu, HP tak keluar dari saku baju atau celana. Ia tak mau Anda mengecek SMS atau phonebook-nya dan mengangkat teleponnya saat berdering. Kalau menerima telepon ia bersembunyi, bahkan bicaranya berbisik seperti takut pembicaraannya didengar Anda.

4. Jarang apel mingguan
Dengan alasan sibuk, banyak kerjaan, mengikuti berbagai acara, harus mengantar keluarganya atau ada urusan bisnis yang tak bisa ditinggalkan, ia mulai sering membatalkan kencan secara mendadak.

5. Banyak penjelasan
Ketika seseorang bicara jujur, ia tak perlu menerangkan omongannya dengan detail. Cukup penjelasan ala kadarnya. Misalnya, ia terlambat datang menemui Anda untuk makan siang. Dia hanya perlu meminta maaf atas keterlambatan itu. Namun, jika ia berbohong, maka ia perlu melindungi kebohongannya dan memberikan alasan detail tentang hal itu.

6. Mood berubah
Semula dia orang yang sabar dan tidak mudah marah. Kini, Anda berbuat salah sedikit saja, ia mulai tak mau menolerir. Bahkan, tak jarang ia menampakkan kemarahan yang tak pernah Anda sangka-sangka.

7. Makin stylish
Ia mulai muncul dengan pakaian baru dan wangi. Gaya dan tampilan yang berbeda. Padahal, dulu ia anti dengan semua itu.

8. Gaya ciumannya berbeda
Suatu saat ia pamit pergi untuk waktu yang tak sebentar. Selama itu, ia juga jarang mengirim kabar. Setelah kembali, ia mulai mempraktikkan hal-hal baru, salah satunya gaya berciuman. Ehm, yang ini juga perlu dicurigai!

9. Tak peduli curhat Anda
Dulu dia bersedia menampung segala keluh kesah Anda. Namun, belakangan ia mulai meminta Anda untuk mengatasi masalah sendiri karena ia terlalu sibuk untuk ikut memikirkan masalah Anda. Apalagi jika Anda selalu mengeluhkan masalah yang sama. Ia juga tak lagi menceritakan aktivitasnya selama rentang waktu Anda dan dia tak bertemu. Kalau Anda tidak bertanya, dia takkan sukarela bicara.

—————————————————–

Nah, jika dia mulai berubah. Apakah kita harus berusaha mempertahankan hubungan yang sudah terjalin tersebut atau kita memutuskan untuk tidak perlu meneruskan hubungan tersebut.

Mari kita lihat tanda-tanda hubungan yang tidak perlu diteruskan

1. Saling Tidak Peduli
Dia bersikeras berpendapat A sementara Anda bilang B pada saat sedang berbicara ataupun saling berargumentasi. Masing-masing tidak memedulikan apa yang dikatakan pasangannya, bahkan mengalihkan pandangan dari pasangan. Boleh-boleh saja berbeda pendapat, tetapi sangatlah tidak etis bila salah satu dari Anda justru memandang ke arah lain pada saat pasangannya sedang berbicara.

2. Tidak Dapat Mengatasi Suasana Hening
Setiap orang yang pernah berkencan pasti pernah mengalami suasana hening atau kehabisan bahan untuk dibicarakan. Sejauh hal ini tidak mengganggu berarti Anda telah mencapai tingkatan nyaman. Tetapi, bila Anda merasa tidak nyaman, salah tingkah, tidak betah, dan sulit untuk menemukan bahan pembicaraan serta sebaliknya Anda justru sibuk dengan telepon genggam Anda, hal ini pertanda buruk. Soalnya, sikap demikian bisa saja karena Anda merasa salah tingkah atau yang paling parah karena Anda memang sengaja bersikap tidak sopan.

3. Tidak Berusaha Mengenal Lebih Jauh
Bila Anda ataupun teman kencan tidak berusaha melewati waktu berduaan saja, tetapi justru sebaliknya selalu ingin melewati waktu bersama dengan teman-teman, hal ini menunjukkan tidak adanya keinginan untuk mengenal lebih jauh. Dengan menghabiskan waktu bersama teman-teman yang lain, tidak memungkinkan bagi Anda berdua untuk saling mengenal lebih jauh karakter masing-masing.

4. Saling Mengkritik Hal-hal Kecil
Biasanya, pada awal perkenalan, masing-masing pihak cenderung untuk memberikan kesan positif. Tetapi, bila dari awal Anda ataupun teman kencan sering memberikan kritikan, misalnya mengkritik potongan rambut atau model pakaian Anda, hal ini bukanlah merupakan cara yang baik. Kritikan, baik disadari maupun tidak, merupakan sikap yang merendahkan seseorang.

5. Hanya untuk Bersenang-senang
Lebih baik jauhi teman kencan yang tidak perduli pada saat Anda mengalami kesulitan. Pada saat bersenang-senang, Anda tidak akan tahu karakter seseorang tetapi pada saat duka karakter seseorang akan mudah dikenali. Pada saat Anda mengalami musibah dan memerlukan seseorang untuk berbagi rasa, Anda akan tahu apakah teman kencan Anda akan spontan berusaha membantu secara moril dan materiil atau tidak. Mampu melalui masa-masa sulit bersama-sama jelas merupakan kualitas yang dibutuhkan untuk kelangsungan suatu hubungan yang baik dan sehat.

kompas

2 Responses to “Si Dia Mulai Berubah”

  1. Rotten said

    Huahahaaah..

    Uda lama ga bka blog anda,,ada yg seru juga.
    Referensi k diri sendiri tu??

  2. […] menjadi murka dan boring tanpa pernah mau belajar dan bersyukur. Belum lagi ditambah kondisi si dia mulai berubah, dibumbui pula oleh seorang murid yang mulai tangguh dengan menggoyahkan tekad sejatiku untuk […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: