Freddy Setiawan’s Journey

Hanya Sebuah Goresan

Sekilas Tentang Urbanisasi

Posted by freddysetiawan on October 5, 2008

Pengamat kebijakan publik dari Universitas Indonesia (UI), Andrinof A. Chaniago menilai razia yang akan dilakukan oleh pemerintah daerah yang berada di perkotaan, seperti DKI Jakarta terhadap warga pendatang merupakan pelanggaran Hak Azasi Manusia (HAM) terutama dalam bidang ekonomi, sosial dan budaya (Ekosob).

Pemerintah daerah seharusnya tidak melakukan razia atau apapun namanya, karena hal tersebut merupakan pelanggaran HAM dan tidak akan efektif,” kata Andrinof.

Ia mengatakan pemerintah daerah manapun di Indonesia tidak boleh menghalangi warganya untuk mencari kerja dan bertempat tinggal di daerah manapun, di seluruh wilayah Indonesia. “Urbanisasi yang tinggi adalah akibat kesalahan dan kegagalan strategi pembangunan nasional, karena pembangunan hanya berpihak kepada orang kota,

Ia mengatakan dalam HAM Ekosob tersebut dijamin hak manusia untuk bekerja dan bertempat tinggal di seluruh wilayah Indonesia tidak terkecuali di wilayah Ibukota atau daerah sekitar Jakarta lainnya.

Jika memang mereka mengganggu ketertiban baru bisa ditindak. Ini kan tidak, masa untuk cari kerjaan mereka dilarang. Ini merupakan kesalahan,

Andrinof yang juga sebagai peneliti senior di The Habibie Center tersebut mengatakan masalah perpindahan dari desa ke kota tersebut merupakan tugas pemerintah pusat, karena dalam melaksanakan pembangunan pemerintah hanya terkonsentrasi di kota saja, sedangkan desa semakin tertinggal.

Tidak adanya pekerjaan di desa membuat mereka tertarik datang ke kota untuk mengadu nasib,harus dibangun untuk mendukung pertumbuhan perekonomian. pembangunan jangan hanya di perkotaan tetapi juga di desa, dan bukan hanya sektor pertanian saja, tapi juga sektor lainnya seperti jasa ataupun industri. Infrastruktur juga

Seperti di Taiwan di pedesaan dibangun industri-industri kecil, sehingga industrinya menjadi berkembang sangat pesat,” katanya. Menurut dia strategi pembangunan yang dilakukan pemerintah pusat memang sudah salah sehingga desa menjadi tidak berkembang, yang menyebabkan banyak warga yang mencari kerja di Jakarta dan sekitarnya.

Ini yang salah pemerintah. Jangan rakyat yang jadi korban dan disalahkan dari kebijakan pemerintah yang tidak benar,” demikian Andrinof.

kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: