Freddy Setiawan’s Journey

Hanya Sebuah Goresan

Aku dan Kesialanku

Posted by freddysetiawan on October 25, 2008

Minggu depan dan dimulai dengan senin besok, ujian tengah semester dimulai, pertarungan setelah menuntut ilmu selama setengah semester pun akan segera dimulai. Panji-panji pertempuran telah dikibarkan, siap ataupun tidak siap, mau ataupun tidak mau, hal tersebut tidak dapat dielakkan lagi. Ayo semuanya… Semangat… Semangat… .

Namun, aku memang tidak pernah luput dari kesialan, setelah sempat menulis Unlucky Lazyboy, kali ini aku kembali menulis aku dan kesialanku, seperti sebelum-sebelumnya, malapetaka selalu datang ketika hendak menuju kepada medan peperangan, lihat saja bagaimana aku yang biasanya adem ayem, tiba-tiba menjadi demam, suara serak, kepala pusing. Belum lagi komputer yang menjadi pusat informasi menjadi error tiba-tiba, entah dosa apa yang kuperbuat. .

Aku pernah membaca 10 hal penyebab kesialan.

Jika Anda merasa sebagai orang yang tak beruntung, yang sebenarnya bisa jadi sebagian besar itu semua Anda sendiri yang menciptakannya. Coba cermati 10 hal penyebab sial di bawah ini, jika ternyata Anda melakukan kesalahan-kesalahan di bawah ini, maka sudah selayaknya pemikiran dan keyakinan Anda perlu diubah lagi.

1. Tak Punya Selera Humor – Jika Anda tipe orang yang menanggapi segala hal secara serius, maka Anda masuk daftar pertama ini. Mulailah belajar tertawa. Tawa adalah obat paling ampuh dalam segala hal. Jika Anda tak dapat menjadikan permasalahan yang Anda hadapi sebagai lelucon, malah sebaliknya mengeluh panjang lebar tentang masalah tersebut, bisa jadi masalah ini sebenarnya tak seburuk yang Anda pikirkan. Sekali Anda buktikan, maka sepanjang hidup semua masalah tak seburuk yang Anda kira.

2. Menyalahkan Pihak Lain – Kenapa Anda begitu mudah patah? Bukan berarti mengatakan orang lain tak bersalah, tapi saat menunjuk pada hal itu, Anda akhirnya malah mengubah uang Anda sendiri. Sekali lagi, berhentilah merasa menyesali diri dan berhentilah mengeluh. Jika usaha yang Anda lakukan tak membawa hasil seperti yang diharapkan, maka lakukan hal yang berbeda. Jadi orang yang berbeda sesekali, bisa jadi hal bagus buat diri Anda. Ingat, mulailah dengan berhenti mengeluh, dan berdamailah dengan segala keadaan yang Anda hadapi.

3. Tak Bahagia Dengan Diri Sendiri Saat Melihatnya di Kaca – Kenapa bisa begitu? Dengan standard siapa Anda membandingkan diri sendiri? Anda sendiri atau orang lain? Yang Sebenarnya, Anda bisa menemukan sesuatu dalam diri sendiri yang membuat Anda bahagia, atau melakukan perubahan. Lakukan keduanya jika Anda mau. Tak seorangpun di dunia ini yang dapat menghentikan Anda berpikir bahwa Anda menarik.

4. Tak Punya Harapan Atau Stuck – Tak seorangpun yang dapat membuat Anda merasa lebih baik selain diri Anda sendiri. Anda tak bisa mengharapkan dunia berubah untuk Anda sebelum Anda mengubah diri.

5. Bertindak Lebih Dari Kemampuan – Tindakan ini membuat Anda jadi tumpul, dan khususnya tak berarti ‘Semua pekerjaan dan tak ada permainan.’

6. Khawatir Berlebihan – Semakin Anda khawatir, semakin kurang keyakinan Anda kalau segala sesuatunya akan berjalan dengan baik. Bagaimana Anda dapat mengharapkan mendapat tempat dalam kehidupan jika Anda tak punya keyakinan atau rasa percaya diri? Biarkan semua berjalan apa adanya. Rileks.

7. Iri Dengan Keberuntungan Orang Lain – Kapanpun Anda mendengar orang lain mendapat keberuntungan Anda selalu berseru, ‘Orang itu bikin aku sangat kesal!’ Mungkin jika Anda ikut bergembira dengan keberuntungan orang lain, maka keberuntungan yang sama bisa menular pada Anda.

8. Menyalahkan Tuhan – Kadang Anda berpikir betapa Tuhan tidak adil pada Anda. Mungkin sebaiknya mulai sekarang Anda belajar bersyukur dan maka hal-hal baik akan datang menggantikan hal-hal buruk. Anda bisa memulainya dengan bersyukur bangun dalam keadaan sehat di pagi hari.

9. Tak Menghargai Hal-Hal Baik Yang Anda Miliki – Sebagai contohnya, Anda tak pernah mensyukuri kalau Anda masih bisa bangun pagi ini dan melihat sinar matahari? Benar begitu? Mulai sekarang, Anda bisa menghitung kebaikan yang Anda miliki dalam hidup dari hal-hal kecil yang Anda miliki.

10. Mengeluh Terus Menerus – Sebenarnya, mengeluhkan satu hal malah akan lebih banyak hal lain yang Anda keluhkan. Dan yang pasti semua orang merasa terganggu dengan orang yang suka mengeluh.

Bagaimana menurut Anda? Jika benar dari 10 hal di atas ada pada diri Anda. Coba lakukan perubahan, dan ketidakberuntungan itu hanya akan tinggal bayang-bayang.

Kapan Lagi

Tak Punya Selera Humor? Gak banget. Justu aku adalah tipe orang yang menanggapi segala permasalahan sebagai sebuah permainan, namun tentunya dengan tidak pernah lupa mengambil hikmah dari kejadian tersebut.

Menyalahkan Pihak Lain? Not my characteristic. Gak banget gitu-gituan. Justru setiap kegagalan itu karena kesalahan aku sendiri yang sering melupakan dan mengabaikan nilai-nilai pembawa kesuksesan.

Tak Bahagia Dengan Diri Sendiri Saat Melihatnya di Kaca? Tidak…Tidak… Aku cukup bahagia dengan diriku saat ini.

Tak Punya Harapan Atau Stuck? Jelas mustahil. Aku memiliki 1001 harapan, impian dan cita-cita. Dan masih ada keluarga dan sahabat-sahabat yang dapat membuatku merasa lebih baik dikala aku gundah.

Bertindak Lebih Dari Kemampuan? -Kalau yang ini tampaknya aku akan menjawab ya. Aku selalu mencoba apapun, termasuk sesuatu yang kadang aku anggap diluar kemampuan, Kenapa? sebenarnya manusia tidak memiliki batas kemampuan, semua bisa dilakukan. Kita tidak akan pernah tahu kalau kita tidak mencoba, dan yang membuat batasan kemampuan kita itu hanyalah rasa lelah dan putus asa.

Khawatir Berlebihan? Tidak. Aku termasuk orang yang selalu optimis.

Iri Dengan Keberuntungan Orang Lain? Hmm… Iri sich, pengen dapat juga, dapat bareng-bareng lah, tapi tidak kesal sehingga mengharapkan orang lain tersebut tidak mendapatkan keberuntungan. Toh setiap manusia itu tidak ada yang lebih hebat ataupun lebih tinggi. Yang membedakan hanya ketaqwaannya.

Menyalahkan Tuhan? Gila aja…

Tak Menghargai Hal-Hal Baik Yang Anda Miliki? Gak segitunya ah. Apa yang diberikan Allah adalah yang terbaik bagi kita.

Mengeluh Terus Menerus? Gak juga.

So? Kenapa aku masih dililit kesialan? Mungkin karena aku hanya melihat dari satu sisi. Aku hanya menulis ketika kesialan datang menghampiri. Tapi kenapa aku tak pernah menang undian berhadiah? aku tidak pernah beruntung jika membeli minuman dengan hadiah di tutup botol? mungkin belum waktunya. Siapa tahu besok dapat sekali tapi yang sangat luar biasa.

Ada kesialan, tentu ada keberuntungan. Percayalah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: