Freddy Setiawan’s Journey

Hanya Sebuah Goresan

Asian Beach Games, Bali 2008

Posted by freddysetiawan on October 26, 2008

Ajang Asian Beach Games (ABG), Bali 2008 hari ini resmi ditutup. Even yang diikuti 45 negara dan berlangsung sejak Sabtu (18 Oktober) lalu itu resmi ditutup di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Ungasan, Bali. Dan yang paling membanggakan Tuan rumah Indonesia mengukir sejarah sebagai tuan rumah dan juara umum. Tentu saja hal tersebut menjadi sebuah penutupan yang sangat baik dari tim Indonesia dengan sukses sebagai penyelenggara dan sukses untuk meraih kampiun serta menjadi juara umum di ajang multi event kali ini. Apalagi sudah cukup lama Indonesia tidak menjadi juara umum di ajang multi event, bahkan untuk di tingkat Asia Tenggara saja, SEA GAMES, Indonesia terakhir kali menjadi juara umum di SEA GAMES Jakarta 1997.

Tentu saja predikat juara umum kali ini sangat membanggakan dan diharapkan dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan prestasi olahraga Indonesia ke depannya. Dengan raihan 23 emas, 8 perak, dan 20 perunggu membawa kontingen Indonesia keluar sebagai juara umum di ajang ABG edisi pertama.

Upacara penutupan berlangsung megah. Acara diawali dengan instrumen musik dari negara Timur Tengah yang merupakan penyambutan kepada Kota Muchat, Oman, sebagai tuan rumah ABG 2010 mendatang.

Setelah itu, dilanjutkan tari-tarian dari enam pulau besar di Indonesia. Yakni, tari seudati mewakili Pulau Sumatera, tari papatai dari Kalimantan, tari pagelu representasi Pulau Sulawesi, tari reog yang mewakili Jawa, tari pancang pedang melambangkan Papua, serta tari rejon yang merupakan lambang dari Pulau Bali.

Upacara penutupan berlangsung megah. Acara diawali dengan instrumen musik dari negara Timur Tengah yang merupakan penyambutan kepada Kota Muchat, Oman, sebagai tuan rumah ABG 2010 mendatang.

Setelah itu, dilanjutkan tari-tarian dari enam pulau besar di Indonesia. Yakni, tari sedati mewakili Pulau Sumatera, tari papatai dari Kalimantan, tari pagelu representasi Pulau Sulawesi, tari reog yang mewakili Jawa, tari pancang pedang melambangkan Papua, serta tari rejon yang merupakan lambang dari Pulau Bali.

Penutupan Asian Beach Games turut disaksikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Kalla. Memkokesra Aburizal Bakrie, Mennegpora Adhyaksa Dault, dan Ketua Umum KONI Rita Subowo juga turut menyaksikan penutupan Asian Beach Games.

Dalam pidato penutupan, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, ABG merupakan bukti bahwa Indonesia sanggup menjadi tuan rumah even berskala internasional. Selain itu, sukses yang diraih Indonesia sebagai juara umum membuktikan bahwa Indonesia bisa berbicara di dunia internasional. Sebuah kepuasan yang sudah lama tidak dirasakan Indonesia di even Internasional. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua negara yang sudah berpartisipasi dalam even ABG tersebut.

Dia juga memberikan apresiasi bagi perjuangan keras para atlet Indonesia sehingga mampu mengharumkan nama bangsa di tingkat internasional. Sukses sebagai juara umum ABG diharapkan berlanjut di even-even internasional selanjutnya. Tak lupa ucapan terima kasih dan selamat untuk Pemerintah Bali atas kerja sama yang baik dan kesuksesan dalam menyelenggarakan acara ini.

Sementara itu, Timothy Fox, wakil presiden Olympic Council of Asia (OCA), mengungkapkan rasa salutnya atas antusiasme publik terhadap even tersebut. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Rita Subowo, direktur ABG, dan Aburizal Bakrie, chairman ABG.

Selamat bagi kontingen Indonesia telah meraih predikat juara umum di ajang ABG 2008 !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: