Freddy Setiawan’s Journey

Hanya Sebuah Goresan

Selamat Ulang Tahun Hari Blogger Nasional

Posted by freddysetiawan on October 27, 2008

Sedikit merenung dan mundur sejenak ke masa lalu, tepat setahun yang lalu, pada tanggal 27 Oktober 2007. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Mohammad Nuh tanpa basa-basi mendeklarasikan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional. Momentumnya dibuat seiring dengan acara Pesta Blogger 2007.

Sedikit mengenang masa-masa indah itu, hari itu sabtu, dalam acara gathering blogger nasional yang diadakan di Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Jakarta. Hal tersebut dicetuskannya saat memberikan sambutan dalam Pesta Blogger 2007 (PB2007), “Hari ini saya nyatakan sebagai Hari Blogger Nasional!” tukasnya disambut tepuk tangan meriah para penulis blog dari seluruh Indonesia yang hadir.

Momentumnya sangat tepat untuk mendeklarasikan hari ini sebagai hari blogger nasional. Sebelumnya hal ini belum direncanakan sama sekali

Namun kala itu, ia mengaku belum mempertimbangkan membakukan sebuah kode etik bagi blogger , bahkan cetusan untuk menjadikan Hari Blogger Nasional pun baru muncul pada acara itu secara spontan, karena begitu tertarik dengan kata sambutan Enda Nasution, Ketua Komite PB2007. Bukan hanya itu, menurutnya, blogger memiliki peran dalam hal edukasi dan memberdayakan masyarakat. Ia juga berharap blogger tidak ‘malu-malu’ atau takut dalam menulis blog. Ia memberi jaminan tidak akan ada pembreidelan.

Dengan dijaminnya kebebasan blogger Indonesia oleh Menkominfo Mohammad Nuh. Artinya, nasib blogger Indonesia akan lebih baik dibandingkan dengan blogger di Mesir dan China, misalnya. Blogger di Mesir dan China masuk penjara karena tulisan-tulisan kritis dan pedas. Nuh berharap tulisan blogger Indonesia memeberi pencerahan dan edukatif, serta membangkitkan rasa nasionalisme

Yah, hari itu, hari dimana hari blogger nasional dideklarasikan, tidak terasa, sudah setahun berlalu rasanya. Paling tidak, dengan dicetuskan hari tersebut, sudah ada satu tanggal yang bisa dijadikan momentum. Nanti setiap komunitas atau individu blogger bisa membuat interprestasinya sendiri untuk memperingati hari ini.

Dan bagi seluruh Blogger Indonesia, sekali lagi aku turut mengucapkan selamat! null Kita telah diakui keberadaannya sebagai elemen bangsa. Jadilah rakyat yang baik dengan memberikan tulisan-tulisan yang baik dan berkualitas. Blogger tidak perlu takut untuk menyuarakan apa isi hati dan kegundahan kita dengan jujur, memberikan kritik kepada pemerintah yang bersifat membangun dan sebagainya. Tapi, karena kita adalah masyarakat Indonesia yang dikenal berbudaya, sopan santun, dll. Maka diharapkan tulisan kita tetap berada pada jalur yang tepat.

Akhir kata, Aku turut mengucapkan Selamat Ulang Tahun Hari Blogger Nasional Yang Pertama. Semoga para blogger Indonesia semakin semangat ngeblog. Dan saling berbagi pengalaman, pengetahuan, wawasan, berita dan konten yang bersifat positif.

2 Responses to “Selamat Ulang Tahun Hari Blogger Nasional”

  1. Selamat tahun Indonesian Blogger.🙂

    Anyways, info penting nih. Ingin mengetahui formula paling modern dan terbaru yang bernama The Secret Law of Attraction, sekaligus kunci otomatis untuk menarik popularitas dan trafik blog Anda?

    Download rahasia besar tersebut dalam e-book yang terdapat di http://www.hitmansystem.com/blog/the-secret-law-of-attraction-113.htm

  2. UlyAgung said

    Wah, tanggal 27 oktober itu hari kelahiran saya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: