Freddy Setiawan’s Journey

Hanya Sebuah Goresan

Malam Keakraban

Posted by freddysetiawan on November 30, 2008

Bicara soal MK atau yang kali ini disebut dengan Malam Keakraban bukan Mata Kuliah, adalah sebuah momen pengakhiran mabim (masa bimbingan) yang merupakan rangkaian kegiatan dari penyambutan mahasiswa baru. Dan ending dari Mabim angkatan 2008 kali ini di adakan di Cibubur Junction.

Mabim kali ini terasa lama banget, dimulai sejak ketika briefing maba di pertengahan agustus sampai akhir november sekarang. Lelah banget karena sebagai seorang mentor, setiap minggu harus mentoring, mentoring dan mentoring. Mungkin dan pastinya terasa sangat seru dan menarik ketika pertama-tama mentoring, begitu juga kedua, ketiga dan beberapa di awal, namun lama kelamaan, mulai terasa jenuh, bosan, sibuk oleh berbagai aktifitas. Lho…lho.. kok  malah curhat disini .

Jadi malam keakraban Fasilkom UI yang akan mengakhiri rentetan acara mabim kali ini diadakan tanggal 29-30 november 2008. Dan hari sabtu itu aku berencana datang ke cibubur bersama salah seorang teman dengan mobilnya. Namun karena keasyikan bergadang semalaman, aku pun masih sangat mengantuk dan menjadi malas untuk pergi terlalu cepat, aku hubungi dia dan membatalkan untuk pergi bersamanya.

Menjelang siang, aku baru berangkat ke cibubur dengan beberapa orang sahabat yang lain. Dan memang, kali ini pilihannya lebih tepat. Keberuntungan tampaknya sedang memihak kepadaku.

Disana, di tempat MK, aku tidak tahu harus berbuat apa, mentor memang ada bersama kelompoknya, kali ini kelompok baru, bukan kelompok mentoring biasa, tapi karena Maba yang pergi tidak maksimal, banyak kelompok yang digabung dan memiliki beberapa mentor. Dan aku tidak terlalu mendapat feel jika kekuasaan terbagi. Hoho .

Akhirnya aku dan para sahabat memutuskan untuk makan dan ngebanyol tak jelas. Foto-foto sampe gila. Melihat, melirik dan mengamati rentetan acara MK. Ikut menjahili dan lain-lain.

Tak terasa malam pun tiba, sungguh waktu terasa begitu cepat berlalu, untuk memperindah suasana perjalanan, kami pergi mencari sesuap nasi ke bogor. Kurang kerjaan amat .  Selanjutnya untuk menunggu dan mengisi kekosongan jurit malam yang baru dimulai jam 2 dini hari, kami pun bermain aneka permainan, melakukan berbagai hal gila, dan sejenak bersemedi dalam mobil, yang tanpa sengaja menceritakan sesuatu hal tolol di dalam mobil, sehingga didengar oleh seseorang yang tidak harus mendengar. Dan malapetaka itu pun terjadi . Maafkan aku Tuhan…

Secara keseluruhan, meski dengan berbagai kekurangan, kejayusan, kekesalan dan keanehan, aku senang dapat mengikuti MK kali ini, selain mengganti ketidakhadiran tahun lalu, juga merasakan sesuatu yang tidak ada pada 2006 meski dalam posisi yang berbeda dan meningkatkan rute tempuh bersama para sahabat. Yah.. setidaknya dalam sejarah, pernah ada hal gokil ini.

Tetapi, di sisi lain, aku sedikit kecewa dengan banyaknya anak-anak 2008 yang tidak mengikuti MK dengan alasan yang dibuat-buat dan keliatan banget bohongnya. Terlepas dari itu mentee-ku atau bukan. Tetap saja, keseriusan semua panitia mensukseskan acara ini terasa kurang dihargai.

Dan yang sedikit lebih mengecewakan, diantara 6 mentee-ku, tidak ada satu orang pun yang mendapat tanda “1” yang hanya diraih oleh sekitar 30-an orang saja. Padahal 2 diantaranya cukup berpotensi, namun karena tidak sempat mengikuti MK, mereka pun harus gagal, padahal tinggal selangkah lagi.

Perjalanan kali ini memang terasa aneh. Tapi ada sesuatu nilai yang diraih yang terkadang tidak mampu dan tidak bisa untuk diungkapkan. Hanya menjadi sebuah bagian dari kepingan hati dalam malam keakraban.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: