Freddy Setiawan’s Journey

Hanya Sebuah Goresan

Uang Satu Goni

Posted by freddysetiawan on December 6, 2008

Seorang penyapu jalan di Inggris menemukan uang dolar satu goni pada saat bekerja pada pagi tanggal 4 desember kemarin dan menghubungi Polisi. Selang beberapa jam Reporter BBC datang berkunjung ke apartemennya untuk wawancara.

Reporter: Halo, saya Arya Gunawan dari BBC ingin mengajukan beberapa pertanyaan tentang penemuan Anda…

Tukang Sapu: Ya, nama saya David…senang bertemu dengan Anda.

Reporter: Kami mendengar Anda menemukan segoni uang dolar tadi pagi apa benar, bagaimana kejadiannya?

Tukang Sapu: Benar, tadi pagi seperti biasa saya menyapu jalan dari blok 37-39 tiba-tiba saya melihat karung di trotoar, karena curiga saya menghampiri dan membukanya, ternyata ada banyak uang dolar disana…maka saya menghubungi Polisi.

Reporter: Wah…mulia sekali hati Anda, saya salut. Tapi saya tidak melihat ada kegembiraan di wajah Anda hari ini?. Bukankan pihak Kepolisian menyerahkan uang tersebut untuk Anda semuanya, karena katanya tidak ada bukti yang mengatakan uang tersebut ada kaitannya dengan kejahatan, saya baru dari kantor Polisi tadi.

Tukang Sapu: Bagaimana saya mau gembira !. Ketika saya menelpon mereka dan mengatakan saya menemukan uang Dolar mereka berkata akan menyitanya atau minimal akan mengambil sebahagian sebagai pajak dan sampel, tapi begitu melihat uang tersebut bukan Dolar Amerika tapi Dolar Zimbabwe mereka berkata saya boleh mengambil seluruhnya, bahkan saya harus menggendongnya dari blok 38 sampai kemari.

Adapted from real story

Zimbabwe saat ini pemegang rekor inflasi terbesar di dunia yaitu 2,200,000 % (2,2 juta persen!)

uang pecahan 500 juta dolar Zimbabwe yang baru saja dicetak Mei 2008 ini hanya bernilai sekitar 2 dolar Amerika atau hanya cukup untuk sekali makan.

Ini bukanlah harga makanan termahal di dunia, bukan juga biaya makan siang Donald Trump ataupun Bill Gates, tapi ini biaya makan yang harus dikeluarkan oleh rakyat Zimbabwe yang merupakan penduduk termiskin di dunia. Zimbabwe saat ini pemegang rekor inflasi terbesar di dunia yaitu 2,200,000 % (2,2 juta persen!), parahnya lagi harga-harga melambung begitu cepat hanya dalam hitungan menit bahkan detik tak heran jika karyawan toko-toko di Zimbabwe begitu sibuk mengganti label harga jika terjadi perubahan harga.

Pada tanggal 20 Juli 2008 lalu bank Zimbabwe juga menerbitkan pecahan uang sebesar 100 milyar dollar — rekor pecahan uang dengan nominal terbesar di dunia. Zimbabwe memang memegang banyak rekor dunia, tapi sayang semua rekor itu tidak ada yang membanggakan.

2 Responses to “Uang Satu Goni”

  1. […] Gimana dengan uang yang […]

  2. This is the perfect website for everyone who wishes
    to understand this topic. You know so much its almost tough to argue
    with you (not that I personally would want to…HaHa).
    You definitely put a new spin on a subject which has been discussed for ages.

    Excellent stuff, just great!

Leave a Reply

 
