Freddy Setiawan’s Journey

Hanya Sebuah Goresan

Coretan Tentang Senyuman

Posted by freddysetiawan on December 27, 2008

Cobalah Anda tersenyum ketika Anda gagal, maka Anda telah memberi warna baru dari kegagalan Anda, dan menjadikan kegagalan tersebut menjadi pengalaman yang sangat berharga

——————————————————

Dalam fisiologi, senyum adalah ekspresi wajah yang terjadi akibat bergeraknya atau timbulnya suatu gerakan di bibir atau kedua ujungnya, atau pula di sekitar mata. Kebanyakan orang senyum untuk menampilkan kebahagian dan rasa senang. (wikipedia)

Senyum merupakan sebuah hal kecil yang bisa menimbulkan efek luar biasa. Senyum bukan sekedar menggerakkan otot-otot muka, tetapi juga pergerakan suasana hati. Dan orang yang melihat senyum itu pun akan terpengaruh suasana hatinya. Jadi senang, ceria, bahkan grogi atau bingung. Karena setiap orang punya ciri khas dalam senyumnya, yang kadang misterius.

Ada beberapa macam senyuman:

Senyum tulus, senyum yang mampu mencairkan hubungan yang kaku, memberi semangat kepada orang yang putus asa, membuat ceria suasana tidak menyenangkan, dan menenangkan hati yang gundah.

Senyum senang, senyum yang menularkan kebahagiaan kepada siapa saja yang melihatnya. Senyum ini membuat orang tampak ramah, terbuka, dan menarik. Senyum ini juga membuat orang awet muda, cantik, lebih tampan untuk dilihat.

Senyum sinis, senyum ini mampu membuat jarak, bahkan dapat memulai perang dengan teman.

Senyum licik, senyum ketika memiliki ide brilian untuk melakukan sesuatu hal yang jahil.

Terlepas dari itu semua. Kata senyum adalah kata yang indah dan menarik hati, menyenangkan, dan menggembirakan. Coba kita bayangkan.

Bagaimana seorang muslim tidak tersenyum ketika ia telah meridhoi Allah sebagai Rabbnya, Islam sebagai agamanya, dan Muhammad Saw Adalah nabinya?

Bagaimana ia tidak tersenyum sementara baginya telah ditumbuhkan taman-taman yang menyenangkan, kebun yang hijau dengan pohon-pohon yang indah menyegarkan dan tumbuh-tumbuhan yang penuh keindahan.

Bagaimana ia tidak tersenyum sementara Allah telah mengadakan baginya bintang-bintang yang terang, lautan yang luas, tanah yang berkelok-kelok dan planet-planet yang berputar di porosnya?

Bagaimana ia tidak tersenyum, sementara burung-burung bernyanyi, merpati berdendang, matahari bersinar, bulan bercahaya indah, pagi hari yang datang dalam terang cahaya dan hujan yang datang dibalik awan di langit?

Bagaimana ia tidak tersenyum, sementara angin sepoi bertiup, daun-daun gemerisik, burung kenari bersiul, aroma indah bertiup, air jatuh di antara bebatuan mendendangkan lagu cinta dan menceritakan pagar keindahan?

Senyum, merupakan bahasa universal, sehingga ketika Anda datang ke negara lain, jika Anda tersenyum, maka mereka pun akan membalas senyum Anda. Senyuman terlihat hal yang sederhana, namu berdampak luar biasa. Cobalah Anda tersenyum ketika Anda gagal, maka Anda telah memberi warna baru dari kegagalan Anda, dan menjadikan kegagalan tersebut menjadi pengalaman yang sangat berharga.

Dengan semakin Anda banyak senyum, dalam arti bukan senyum-senyum sendiri, maka dimana pun Anda berada, akan banyak sahabat dan teman mengelilingi Anda, dan hidup Anda akan lebih berwarna indah. Senyuman adalah hal yang mudah dan murah karena tidak dikenai pajak. Dengan senyuman keadaan yang negatif dapat menjadi keadaan yang positif.

Arti Sebuah Senyuman (By: Dedex)

Harganya tidak seberapa, tetapi sangat bermanfaat
Senyum memperkaya mereka yang menerima
Tanpa merugikan mereka yang memberikan
Senyum hanya terjadi dalam sekejap
Namun dikenang selama-lamanya.

Senyum menciptakan kebahagiaan di rumah
Membangun itikad baik dalam berusaha
Senyum merupakan balas jasa dalam persahabatan

Senyum adalah istirahat bagi yang lelah
Sinar bagi yang kecewa, matahari bagi yang lelah
dan penangkal kesulitan yang terbaik

Tetapi senyum tidak dapat dibeli,
tidak dapat dipinjam atau dicuri
karena itu senyum sama sekali tidak berguna
sampai ia diberikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: