Freddy Setiawan’s Journey

Hanya Sebuah Goresan

Berkaca Dari Militansi Vietnam

Posted by freddysetiawan on December 28, 2008

Berusaha tanpa kenal lelah hingga tetes keringat darah penghabisan adalah kunci kesuksesan terbesar Vietnam dalam menggapai trofi Piala AFF 2008.

————————————————————————–

Sebuah gol Le Cong Vinh (Vietnam) ke gawang Kosin Hathairattanakool (Thailand) di masa injury time final Piala AFF 2008 dilakukan dengan teknik yang sama dengan Aahn Jung Hwan saat memperdayai kiper Gianluigi Buffon di Piala Dunia 2002. Yakni melalui back header.

Ending dari kedua laga itu, meski berbeda level, juga sama-sama dramastis. Gol Ahn bernilai sejarah karena meloloskan Korea Selatan ke perempatfinal-kemudian berujung sebagai semifinalis- sementara gol Cong Vinh pun bernilai sama karena menjadi trofi pertama sepakbola Vietnam di kancah Asia Tenggara.

Prestasi heroik kedua kesebelasan itu juga sama-sama memberikan pesan bahwa untuk menjadi kampiun dibutuhkan perjuangan dengan hati. Vietnam pantas menjadi juara piala AFF 2008 berkat militansi mereka di lapangan. Berusaha tanpa kenal lelah hingga tetes keringat darah penghabisan adalah kunci kesuksesan terbesar Vietnam dalam menggapai trofi Piala AFF 2008.

Semua orang tahu, Thailand selalu menjadi momok bagi rivalnya di ASEAN. Karena itu, tidak ada yang menjagokan Vietnam. Favorit juara piala AFF 2008 tetap milik Thailand dan sang juara bertahan Singapura. Kebetulan, 2 negara inilah yang membagi rata kampiun dalam edisi sebelumnya (masing-masing tiga kali juara).

Namun Vietnam berkat investasi youth program-nya, yaitu kompetisi U-21 dan ditambah dengan semangat dan karakter militansinya, mampu mengubah peta sepakbola ASEAN termutakhir. Vietnam sungguh-sungguh bermain dengan hati. Mereka menyingkirkan Singapura di semifinal dan Thailand di final.

Keberhasilan Vietnam ini harus memberikan inspirasi kepada tim nasional kita dan menggerakkan diri untuk berbuat lebih baik, terus berjuang dan pantang menyerah. Kita harus bangkit di ajang Pra Piala Asia, yang tergabung bersama Australia, Kuwait dan Oman. Lupakan memori kelam di Piala AFF, namun kenang ia sebaik-baiknya sebagai suatu pelajaran dan batu loncatan untuk terus berbuat lebih baik. Hidupkan lagi semangat bertanding dan semangat juang. Ayo Indonesia!

Daftar Juara Piala AFF

Tahun. Juara-Runner Up

1996. Thailand-Malaysia
1998. Singapura-Vietnam
2000. Thailand-Indonesia
2002. Thailand-Indonesia
2004. Singapura-Indonesia
2006. Singapura-Thailand
2008. Vietnam-Thailand

One Response to “Berkaca Dari Militansi Vietnam”

  1. Selamat guys!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: