Freddy Setiawan’s Journey

Hanya Sebuah Goresan

11 Kutipan Paling Mengesankan Dalam Sepak Bola Tahun 2008

Posted by freddysetiawan on December 29, 2008

Dari semua yang terucap sepanjang tahun 2008, kami memilih dan menampilkan 11 yang dinilai paling memorable, paling patut dikenang, paling mengesankan.

——————————————————————————————

Spanyol juara Euro 2008, Manchester United meraih gelar ganda, dan Inter scudetto ketiga kali beruntun. Banyak hal menarik yang terjadi sepanjang tahun 2008. Tapi di balik itu semua, berbagai macam ungkapan menarik dilontarkan para pelatih maupun pemain.

Sumbernya bisa dari mana saja – dari konferensi pers, dari balik ruang ganti pemain, bahkan melalui pesan singkat SMS, hingga sampai ke tangan media massa.

Dari semua yang terucap sepanjang tahun 2008, kami memilih dan menampilkan 11 yang dinilai paling memorable, paling patut dikenang, paling mengesankan. Kami sengaja menulis dalam dua versi bahasa – Inggris dan Indonesia – supaya kita semua bisa menangkap esensi ungkapan itu sepenuhnya.

11. Striker Inter Milan Zlatan Ibrahimovic saat menerima Bola Emas Swedia untuk ketiga kalinya:

I have made history and I feel a little bit like Pelè.

Saya telah membuat sejarah dan saya merasa sedikit seperti Pelè.

Guldbollen (Bola Emas) untuk ketiga kalinya itu merupakan rekor terbanyak pemain sepakbola terbaik di Swedia.

10.Diego Maradona setelah terpilih sebagai pelatih baru Argentina:

This is a dream come true but the dream must continue with work. I’m looking for absolute loyalty from my players, they must be made of steel.

Ini merupakan mimpi yang jadi kenyataan tapi mimpi itu harus dilanjutkan dengan kerja keras. Saya mencari loyalitas absolut dari pemain-pemain saya, mereka harus terbuat dari baja.

Optimisme pun menyeruak darinya. Maradona tak takut gagal dan yakin bisa membawa tim Tango sukses.

9. Dalam “Sir Alex Ferguson: Managing My Life, My Autobiography” yang kembali menjadi buku terlaris di Inggris tahun ini, bos Manchester United tersebut memuji Marcello Lippi (foto) setinggi langit:

Marcello Lippi is one impressive man. Looking into his eyes is enough to tell you that you are dealing with somebody who is in command of himself and his professional domain. Those eyes are sometimes burning with seriousness, sometimes twinkling, sometimes warily assessing you – and always they are alive with intelligence. Nobody could make the mistake of taking Lippi lightly.

Marcello Lippi adalah seorang pria yang mengesankan. Memandang matanya sudah cukup bagi Anda untuk menilai bahwa Anda berhubungan dengan seorang yang sepenuhnya menguasai dirinya dalam wewenang profesionalnya. Mata itu kadangkala membakar dengan keseriusan, kadang berkelap-kelip, kadang berhati-hati menilai Anda – dan mata-mata itu selalu hidup dengan kecerdasan. Tak ada orang yang bisa salah menganggap Lippi enteng.

8. Presiden FIFA Sepp Blatter menanggapi penjualan Manchester City:

We have one Prime Minister for Thailand going back to his country and he sells his club like you would sell a shirt.

Kita punya seorang Perdana Menteri untuk Thailand kembali ke negaranya dan ia menjual klubnya sebagaimana Anda menjual sebuah kaos.

Proses takeover oleh Abu Dhabi United Group berlangsung begitu cepat setelah Thaksin Shinawatra mengundurkan diri dari manajemen Eastlands.

7. Luiz Felipe Scolari dalam konferensi pers pertamanya sebagai manajer Chelsea:

Two seasons ago I voted for Drogba as the best player in the world and I think three seasons ago, I chose John Terry. Now they are with me, I am happy.

Dua musim lalu saya memilih Drogba sebagai pemain terbaik dunia dan kayaknya tiga musim lalu saya memilih John Terry. Sekarang mereka bersama saya, saya senang.

Tak lama kemudian, Sir Alex Ferguson langsung berupaya melancarkan psy-war dengan Scolari, tapi bekas pelatih Portugal itu menanggapinya secara dingin.

6. Gelandang Portugal Cristiano Ronaldo setelah Manchester United juara Liga Champions, sebelum isu transfer dengan Real Madrid pada jendela musim panas dimulai:

I think I will definitely be here next season. Yes, I want to stay. I have played five years for this club and I’d love to stay here.

Saya pikir saya tentunya akan tetap di sini musim depan. Ya, saya ingin bertahan di sini. Saya telah bermain lima tahun di klub ini dan saya akan senang menetap di sini.

Ungkapan itu berbanding terbalik dengan ucapannya dalam beberapa waktu kemudian “Saya Ingin Bermain Di Madrid

5. Ungkapan Fabio Capello dalam bahasa Italia pada konferensi pers pertamanya sebagai pelatih timnas Inggris:

“I will speak English with you when I can be sure that I know all the right words, because you are very good at twisting things and I am very careful.”

Saya akan berbicara dalam bahasa Inggris kepada Anda setelah saya yakin mengetahui semua kata-kata yang benar, karena Anda sangat bagus memutarbalikkan fakta dan saya sangat hati-hati.

Capello pun optimistis bisa memenuhi ambisi Asosiasi Sepakbola Inggris dengan target semi-final Piala Dunia 2010 dan Euro 2012.

4. Pendapat Marcello Lippi tentang kemungkinan menangani timnas Inggris:

I heard the names Capello, Lippi and Mourinho, but no one ever called me. I was asked [by the media] if I would like to coach England. I said, ‘Yes I would’, but I did not put myself forward and nobody ever called me. For me it was already an honour that for a few days my name was close to the English national team.

Saya mendengar nama-nama Capello, Lippi dan Mourinho, tapi tak ada yang memanggil saya. Saya ditanyakan [oleh media] apakah saya ingin melatih Inggris. Saya jawab, ‘Ya, saya mau’, tapi saya tak memposisikan diri saya ke depan dan tidak ada orang yang memanggil saya. Bagi saya, adalah suatu kehormatan dalam beberapa hari nama saya dekat ke tim nasional Inggris.

Setelah kembali ke pangkuan Azzurri, Lippi pun menyebut Wayne Rooney sebagai striker idealnya.

3. Pelatih Benny Dollo menanggapi kekalahan Indonesia dari Thailand pada semi-final pertama Piala AFF Suzuki 2008:

Salah kalau bilang mustahil menang di Bangkok. Everything is possible, bola itu bundar kan?!

Kenyataannya, Bendol dan timnas tak mampu berbuat banyak di Bangkok pada leg kedua, dan tersingkir 3-1 secara agregat.

2. SMS Jose Mourinho ke Michael Essien setelah Chelsea dikalahkan Manchester United di final Liga Champions:

Michael, you have been great. On Monday I am going to Milan to sign a contract with Inter. I hope that, one day, you will be at Inter too.

Michael, Anda luar biasa. Senin pekan depan saya akan pergi ke Milan untuk meneken kontrak dengan Inter. Saya berharap suatu hari Anda juga akan bermain di Inter.

Setelah SMS itu, Mourinho gagal mendatangkan satu pemain Chelsea ke Inter:

1. Pelatih Prancis Raymond Domenech melamar pasangannya Estelle Denis melalui siaran televisi nasional sesaat setelah Les Bleus dikalahkan Italia dan tersisih dari Euro 2008:

I don’t have anything to say to the people who want me to resign. But I would like to ask Estelle for her hand [in marriage]. The only thing I’m thinking about from now is marrying Estelle, which is why I’m asking her for her hand today. I know it’s difficult at this moment but it’s during these difficult times that you need people – and personally I need her.

Tiada hal yang ingin dikatakan kepada orang-orang yang menginginkan saya mundur. Tapi saya ingin meminta Estelle untuk dinikahkan. Satu-satunya hal yang ada dalam benak saya sekarang adalah menikahi Estelle, dan itulah sebabnya saya melamar dia hari ini. Satu tahu ini momen yang sulit tapi di saat-saat yang sulit kita butuh kasih orang – dan secara pribadi saya butuh dia.

Gagal di Euro 2008 tidak mengubah nasib Domenech. Ia tetap memimpin Les Bleus, meskipun rencana nikahnya sempat mengundang kontroversi karena melamar lewat acara televisi.

goal

Leave a Reply

 
