Freddy Setiawan’s Journey

Hanya Sebuah Goresan

Masjidil Aqsa

Posted by freddysetiawan on January 9, 2009

Melihat foto di atas, mungkin banyak dari kita akan segera memilih foto sebelah kanan sebagai Masjid Al-Aqsa. Namun percayalah, foto sebelah kiri yang berupa masjid dengan kubah yang berwarna hijau itulah Masjid Al-Aqsa yang sebenarnya.

Dewasa ini, telah terjadi banyak kesalahpahaman diantara umat muslim tentang masjid Al-Aqsa yang sebenarnya. Banyak umat muslim maupun non-muslim yang mempublikasikan foto Masjid Al-Aqsa yang salah, tapi yang mengkuatirkan saat ini, kebanyakan umat muslim memajang foto Qubbatus Shakrah (Kubah Batu/ Dome of The Rock) dirumah maupun dikantor mereka dengan sebutan Masjid Al-Aqsa. Ini telah menjadi kesalahan umum di dunia muslim.

Namun tragedi sesungguhnya adalah bahwa kebanyakan generasi muda/ anak-anak muslim (sebagaimana juga muslim dewasa) diseluruh dunia, tidak dapat membedakan antara Masjid Al Aqsa dengan Qubbatus Shakrah (Kubah Batu).

Mengenal Kompleks Masjid Al-Aqsa

Al-Masjid El-Aqsa merupakan nama arab yang berarti Masjid terjauh. 10 tahun setelah Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama, beliau melakukan perjalanan malam dari Mekkah ke Baitul Maqdis (Jerusalem) dan kemudian menuju langit ketujuh untuk menerima perintah sholat 5 waktu dari Allah, peristiwa ini disebut Isra’ Miraj.

Sebelum turun perintah menjadikan Mekkah sebagai kiblat sholat umat muslim, selama 16 setengah bulan setelah Isra Miraj, Jerusalem dijadikan arah kiblat.

Ketika masih hidup, Nabi Muhammad SAW memerintahkan umat muslim untuk tak hanya mengunjungi Mekkah tapi juga Masjid Al-Aqsa yang berjarak sekitar 2000 kilometer sebelah utara Mekkah.

Masjid Al-Aqsa merupakan bangunan tertua kedua setelah Ka’bah di Mekkah, dan tempat suci dan tempat terpenting ketiga setelah Mekkah dan Madinah.

Luas kompleks Masjid Al-Aqsa sekitar 144.000 meter persegi, atau 1/6 dari seluruh area yang dikelilingi tembok kota tua Jerusalem yang berdiri saat ini. Dikenal juga sebagai Al Haram El Sharif atau oleh yahudi disebut Kuil Sulaiman. Kompleks Masjid Al-Aqsa dapat menampung sekitar 400.000 jemaah (Masjid Al-Aqsa menampung sekitar 5.000 jamaah, selebihnya sholat di kompleks yang ber-area terbuka).

Pembangunan kembali kompleks Masjid Al-Aqsa dimulai 6 tahun setelah Nabi wafat oleh Umar Bin Khattab. Beliau menginginkan untuk dibangun sebuah masjid di selatan Foundation Stone (membelakangi Foundation Stone, menghadap selatan/Mekkah). Pembangunan tersebut dilakukan oleh Khalifah Ummayah Abd Al Malik Ibn Marwan dan diselesaikan oleh anaknya Al Walid 68 tahun setelah Nabi wafat dengan diberi nama Masjid Al Aqsha.

Di pusat kompleks Kuil Sulaiman, terdapat Foundation Stone yaitu batu landasan yang dipercaya umat Yahudi sebagai tempat Yahweh menciptakan alam semesta dan tempat Abraham mengorbankan Isaac. Bagi umat Islam batu ini adalah tempat Nabi Muhammad menjejakkan kakinya untuk Mi’raj. Untuk melindungi batu ini, Khalifah Abd Al Malik Ibn Marwan membangun kubah dan masjid polygon, yang kemudian terkenal dengan nama Dome of The Rock (Kubah batu).

Kekeliruan antara Masjid Al-Aqsa dengan Dome of The Rock dan Agenda Israel menghapuskan Masjidil Aqsa

Masjidil Aqsa merupakan kiblat pertama bagi Umat Islam sebelum dipindahkan ke Ka’bah dengan perintah Allah SWT. Kini berada di dalam kawasan jajahan Yahudi. Dalam keadaan yang demikian, disinyalir pihak Yahudi telah mengambil kesempatan untuk mengelirukan pengetahuan Umat Islam dengan mengedarkan gambar Dome of The Rock sebagai Masjidil Aqsa.

Tujuan mereka hanyalah satu: untuk meruntuhkan Masjidil Aqsa yang sebenarnya dan mendirikan kembali haikal Sulaiman. Saat ini, hanya “Tembok sebelah Barat” yang tersisa dari bangunan kuil atau istana Sulaiman yang masih berdiri, dan pada saat yang bersamaan tempat ini dinamakan “Tembok Ratapan/Wailing Wall” oleh orang Yahudi. Apabila Umat Islam sendiri sudah keliru dan sulit untuk membedakan Masjidil Aqsa yang sebenarnya, maka semakin mudahlah tugas mereka untuk melaksanakan rencana tersebut, karena bila Masjid Al-Aqsa diruntuhkan, kebanyakan umat tidak akan menyadarinya.

Berikut disertakan terjemahan surat yang ditulis dan dikirimkan oleh Dr. Marwan kepada ketua pengarang harian “Al-Dastour” tentang kekeliruan umat dan hubungannya dengan rencana zionis.

Terdapat beberapa kekeliruan antara Masjidil Aqsa dan The Dome of The Rock. Apabila disebut tentang Masjidil Aqsa di dalam media lokal maupun internasional, foto The Dome of The Rock-lah yang ditampilkan. Alasannya adalah untuk mengalihkan masyarakat umum yang merupakan siasat Israel. Tinjauan ini diperoleh saat saya tinggal di USA, dimana saya telah mengetahui bahwa Zionis di Amerika telah mencetak dan mengedarkan foto tersebut dan menjualnya kepada orang arab dan Muslim. Kadangkala dijual dengan harga yang murah bahkan kadang diberikan secara gratis agar Muslim dapat mengedarkannya dimana saja. Baik dirumah maupun kantor.

Hal ini meyakinkan saya bahwa Israel ingin menghapuskan gambaran Masjid Al-Aqsa dari ingatan umat Islam supaya mereka dapat memusnahkannya dan membangun kuil mereka tanpa ada publikasi. Bila ada yang membangkang atau memprotes, maka Israel akan menunjukkan foto The Dome of The Rock yang masih utuh berdiri, dan menyatakan bahwa mereka tidak berbuat apa-apa. Siasat yang sungguh pintar! Saya juga merasa amat terperanjat ketika bertanya kepada beberapa rakyat arab, Muslim, bahkan rakyat Palestina karena mendapati mereka sendiri tidak dapat membedakan antara kedua bangunan tersebut. Ini benar-benar membuatkan saya merasa kesal dan sedih karena hingga kini Israel telah berhasil dalam siasat mereka.

Dr. Marwan Saeed Saleh Abu Al-Rub Associate Professor,
Mathematics Zayed University Dubai

Demikianlah, dengan kondisi yang mengkuatirkan ini, kita sebagai muslim hendaklah turut membantu menyebarkan informasi yang benar kepada saudara kita dan dunia. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari distorsi informasi lebih jauh yang akhirnya akan merugikan umat bila tidak disikapi dengan baik.

Wallahua’lam.

Sumber: Kumpulan kisah islami

24 Responses to “Masjidil Aqsa”

  1. alfian said

    sebagai umat muslim kita harus bersatu padu,untuk membela agama allah.

  2. Semoga Allah SWT slalu mnjaga Masjidil Aqsa buat umatnya di muka bumi hingga akhir zaman…

  3. dedi said

    thanks ya mas atas infonya.saya sndri baru tau pas baca artkel diatas.
    mudah2an banyak lagi artikel2 yang bisa dimuat supaya kita tau kalau ada hal yang telah disamarkan oleh pihak2 yang ingin meruntuhkan aqidah kita.
    allahuakbar..allahuakbar..

  4. teddy said

    terkutuklah kaum zionist…..suatu saat azab Allah akan datang padamu

  5. sabrina said

    makasiy y infonya.. aduuwww q berasa ditampar…

  6. Fiqra ar rahman said

    wah kejahatan yang terselubung dari zionis israel,…serta komplotan kapitalis neraka,…dimana allah tetap akan selalu menunjukkan kebenaran,…….kapitalis dan zionis adlah serdadu perang salib sebelum ditenggelamkan bersama kebusukannya terhadap kaum muslimin…..

  7. Asep Rahmatullah said

    AL HAQQU MIN RABBIKA FALATAKUNANA MINAL MUMTARIIN
    “kebenaran Datang nya Dari Allah, Maka jangan Kita ragu akan kebenaran Tersebut”
    inilah kelemahan umat kita yang tak pernah menelaah suatu kebenaran..apapun yg dilakukan para zionis tak akan mampu menghancurkan suatu kebenaran..mudah-mudahan Allah melaknat kaum zionis tanpa ada tempat diakhirat sana…Allahu Akbar………

  8. ady said

    selama ini saya benar-benar tidak tahu tp sekarang jadi tahu berkat anda… terima kasih banyak sobat.

  9. achmad fawwas said

    Anak generasi muda islam seperti saya harus tau tentang ini jgn sampai mereka keliru akan kekeliruan ini,karena tdk dpt membedakan antara masjid al-aqso dgn dome of the rock,agar umat islam ini bersatu,dan terima kasih jadi wawasan saya bisa bertambah.

  10. said umar said

    TERIMA KASIH ATAS PARTISIPASINYA.?

  11. Sajo said

    informasi yang sangat berguna bagi saya..!!!
    ditunggu postingan selanjutnya !!!!

  12. jonna said

    terima kasih atas pemberitahuannya… berkat anda saya jadi tahu bahwa masjid al-aqsa yang mempunyai kubah berwarna biru….sebagai umat muslim yang baik kita harus mencegah semua ini sebelum terlambat dengan cara memberikan informasi kepada sanak saudara kita yang belum tahu…
    thanks for semuanya….!!!!

  13. ASRI ALI said

    terima kasih banyak saya ucapkan kepada bapak Dr.MARWAN informasi bapak akan saya teruskan kepada teman-teman saya khususnya kepada keluarga besar saya

  14. KARNO RAHARJO SE said

    Mudah2an dengan adanya informasi dari Bp. Dr. Marwan Saeed kt sebagai umat islam tahu yang sebenarnya, kemudian kt bersama-sama mebela masjid umta islam itu sesuai dengan kapasitas dan kemampuan kt masing2, kepada umat islam ayo kt kompak, jangan hanya perbedaan sepele menjadikan kt bertengkar apalagi di adu domba,

  15. enden said

    terimakasih atas iformasinya yang begitu berharga. semoga Allah senantiasa memberikan penerangan dan petunjuk pada kita semua

  16. Alfian!! Mengapa engkau menuliskan nama ILLAHI dengan huruf kecil, dan tidak ada tanda gelar kekuasaan SUBKHANA WATA’ALA??? Kaum apakah kau sebenarnya???

  17. Ery Nofrizal said

    trm ksh info yg sgt berharga ttg masjidil aqsa. ada satu hal jg yg perlu kita sadari, bahwa selama ini kita turut membantu mendanai segala macam perbuatan dan propaganda israil, ini sadar tdk sadar hal ini memang benar. buktinya bahwa kita selama ini mengkonsumsi semua produk-2 mrk mulai dari hal kecil sampai yg besar seperti perabot rumah tangga dan isi-2nya dan yg lain-2. sekarang, mari kita boikot produk israil, dan mari kita bersama-2 membangun ekonomi islam yg kuat demi kemaslahatan Islam

  18. Pangeran dolar said

    Bangkit dan berteriaklah hai orang muslim, biar bangsa yahudi tau, bahwa Islam tidak bisa dipermainkan.
    Allahu Akbar

  19. safitri said

    Bolehkah saya minta ijin untuk menyebarluaskan artikel ini? Semoga bermanfaat buat muslim yang lain. Trimakasih

  20. Jamil said

    Ya…ALLAH dgn sgla limpahan rahmatmu berilah penjagaan terhadap masjidil al-aqsho dan berilah azab Mu terhadap kaum zionis ameen..

  21. Riyumi said

    Allah Maha Benar.. Di Alquran&Alhadist telah dijelaskan bhw dlm membangun masjid tdk boleh berlebihan,apalagi dibuat dr emas.. Karna Allah melarang masjid dibuat dr emas,perak.. Sungguh..kalu kt melihat itu,brti mmg tdk diragukan lg,yg kubah emas adl bwtn yahudi 100%!

  22. alha_bombay said

    ALHMDULILLAH….
    terimaksih atas informasinya… dan aku baru tahu ternyata masjidil aqso itu yang berkubah biru….
    sungguh biadab orang yahudi telah membodohi umat muslim…

  23. cah bagoes said

    Mengenai siasat yahudi untuk menghancurkan Al-Aqsa biarlah Kita serahkan kepad Allah SWT saja kesudahannya, tapi marilah kita usahakan apapun yang dapat kita usahakan untuk mencegahnya,,,
    Ingatlah,,,peristiwa orang2 kafir yang menyusun siasat untuk meruntuhkan ka’bah di balas oleh Allah SWT sendiri tanpa campur tangan manusia…karena sesungguhnya di saat mereka merencanakan tipu daya, Allah sudah memiliki ketentuan dan ketetapan,,,dan pada hari akhir sajalah dijelaskan semuanya…

  24. mustolih said

    Subhanallah… terimakasih banyak… tanpa Ridho Allah, saya ga akan pernah tau detail tentang Al-Aqsho yang sebenarnya… maturnuwun sanget niki…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: