Freddy Setiawan’s Journey

Hanya Sebuah Goresan

Freddy dan Badai Freddy

Posted by freddysetiawan on February 8, 2009

Berita kemarin (7 februari) menyatakan dalam beberapa hari ini, Sumatera bagian Selatan, Jawa, Bali, NTB, dan yang paling menonjol Jawa Timur harus mewaspadai cuaca buruk diikuti angin kencang akibat imbas Badai Freddy yang ditimbulkan Siklus Tropis Freddy yang saat ini berada di Samudera Hindia atau barat Australia. Sebuah badai tropis itu mempunyai kecepatan sekitar 5-40 km per jam.

Karena dianggap berbahaya, masyarakat yang mempunyai pohon dengan ketinggian di atas 5 meter lebih baik dipangkas untuk menghindari tumbangnya pohon. Sementara itu imbas Badai Freddy juga sangat mempengaruhi pelayaran di Indonesia bagian barat, pihak BMG mengimbau kepada semua jenis kapal untuk tidak melakukan pelayaran terutama yang akan melintasi Laut Jawa, perairan selatan Jawa Tengah, Jawa Timur, Laut Arafuru dan Samudera Hindia untuk tanggal 8 dan 9 Februari 2009, karena ketinggian gelombang dapat mencapai empat hingga lima meter.

Diperkirakan, kecepatan angin yang melaju dari arah barat, barat laut mencapai sekitar 5-40 kilometer per jam dan suhu 23-31 derajat celcius. Kelembaban sekitar 67-95 persen.

Siklus Tropis Freddy membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Sumatera bagian Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah bagian Selatan, perairan sebelah Selatan Jawa Timur, hingga ke NTB. Hal tersebut menimbulkan hujan lebat disertai angin kencang di wilayah Sumatera bagian Selatan, Jawa, Bali, dan NTB.

Selain itu, dampak lain dari siklus tropis ini adalah tingginya gelombang laut hingga lebih dari tiga meter yang berpotensi terjadi di Laut Jawa, perairan Masalembo, Laut Flores, Selat Bali, Selat Sunda bagian Selatan, Laut Bali, Selat Lombok dan perairan Selatan Jawa hingga Nusa Tenggara.

BMG mencatat dampak dari Siklus Tropis Freddy ini akan berlangsung dari tanggal 7 Februari hingga 10 Februari 2009. Siklus tropis ini sendiri akan bergerak menjauh dari wilayah Indonesia dengan kecepatan tiga hingga 60 knots atau enam hingga 95 km per jam.

Musim siklus tropis di wilayah Indonesia sendiri biasanya terjadi pada 1 November hingga 30 April, walau terkadang siklus tropis ini juga terjadi di luar dari periode sebenarnya. Hal tersebut terutama terjadi di Samudera Hindia sebelah barat daya Sumatera.

Namun, ada yang unik pada Badai Freddy kali ini, begitulah menurutku pada awalnya, biasanya nama badai identik dengan nama wanita , itu yang aku ketahui, sebut saja badai-badai yang terkenal dengan kekejamannya, ada badai Janet, badai Donna, badai Carla, badai Katrina, badai Rita, badai Isabel, badai Santa Ana, badai Camile, badai Anita, badai Nargis dan lain-lain. Tapi kali ini ada badai Freddy. Aku pun mencoba mencari beberapa nama badai yang terkenal , dan ternyata aku tidak sendirian sebagai nama pria yang menjadi nama badai . Sebut saja ada badai David, badai Allen, badai Gilbert, badai Hugo, badai Andrew, badai Ivan, badai Felix dan lain-lain.

One Response to “Freddy dan Badai Freddy”

  1. rumput said

    ada y nma badai freddy.. sama daya rusaknya ma anda x.
    hwakakakakakakakaakkkk..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: