Freddy Setiawan’s Journey

Hanya Sebuah Goresan

Kualitas Masa Depan

Posted by freddysetiawan on May 4, 2009

Hampir setahun yang lalu, aku pernah menuliskan sebuah tulisan yang aku anggap cukup kontroversial, sebuah tulisan berjudul Antara facebook dan kualitas masa depan. Kenapa aku anggap kontroversial, karena sebenarnya aku berbohong pada pembaca dan kepada diriku sendiri. Lihat saja ketika aku menolak segera membuat facebook, dengan berbagai alasan sederhana seperti, malas, lagi gak mood, ntar aja kapan-kapan dan sebagainya. Pada kenyataannya aku sudah terlebih dahulu membuat facebook, namun hanya sekedar me-registrasi dan membuat seadanya, tanpa pernah mengupdate dan terlena dengan facebook itu sendiri.

Dan ketika saatnya tiba, saat itu sampai hari ini, aku pun mulai terlena dengan facebook, facebook seolah menjadi suatu kewajiban yang harus dibuka setiap kali berselancar di dunia maya. Aku pun menjadi seorang facebook addict. Kembali ke topik dan pertanyaan yang pernah aku angkat dalam tulisan itu, Antara facebook dan kualitas masa depan mungkin memang ada kaitannya, bagi pembuatnya, ia bisa menjadi kaya raya, tenar dan sukses.Apakah penundaanku untuk eksis di peduniaan facebook kala itu mengurangi kualitas masa depan?

Dan kali ini aku berani menjawabnya. Tidak. Sekarang mari kita berbicara lebih luas dan tidak sebatas keeksisan di facebook, karena itu hanya aku jadikan sebagai sebuah perbandingan. Keterlambatan itu bukanlah sebuah ketertinggalan, hanya sebuah proses perbedaan waktu start. Dalam hidup ini, bila kita pernah gagal, jatuh dan tertinggal oleh saingan-saingan kita, itu bukan berarti kita telah kalah, kita memang tertinggal, tapi kita masih mampu mengejar dan bahkan melewati saingan-saingan kita, asalkan kita bersungguh-sungguh, serius, pantang menyerah dan selalu optimis serta percaya. Tidak pernah ada kata terlambat.

Tapi yang perlu ditekankan disini adalah sebuah penundaan, bila kita telah tertinggal, kejarlah sekarang, sekarang juga, sebelum kita tertinggal lebih jauh, sebelum kita terlambat dan menyesal, jangan lagi kita menunda-nunda.Maka bila kita menunda pelaksanaan dari rencana-rencanamu, sebetulnya kita sedang menunda kedatangan kesejahteraan, kebahagiaan dan kecemerlangan yang menjadi impian-impian hatimu. Kualitas Masa Depanmu Sangat Tergantung Kepada Kualitasmu Hari Ini. Dan kita tidak boleh membiarkan hati kita sendiri kehilangan hormat kepada diri kita, karena kita menggemarkan dirimu menunda pelaksanaan dari sesuatu yang hasilnya penting bagi kehidupanmu. Bergeraklah sekarang, meski kita telah tertinggal, ingatlah, tidak ada kata terlambat.

Leave a Reply

 
