Freddy Setiawan’s Journey

Hanya Sebuah Goresan

Sopir Taksi Jujur dari Argentina

Posted by freddysetiawan on May 9, 2009

Masih ingat dengan tulisan beberapa hari yang lalu tentang kejujuran yang ternoda? Sebuah kisah yang seolah menunjukkan bahwa betapa begitu langkanya kejujuran dalam kehidupan kita saat ini, sehingga nilainya menjadi begitu mahal, sehingga kita sulit menemukannya di sembarang tempat, tidak heran pula bila tidak semua orang memilikinya.

Ditengah kelangkaan kejujuran ini, akhirnya ada seorang supir taksi jujur dari argentina, ia memberikan nilai yang kini menjadi begitu mahal dan sulit ditemukan di sembarang tempat.

Berikut petikan kisahnya,

Ratusan orang Argentina memberikan sumbangan kepada seorang sopir taksi yang menemukan tas berisi uang tunai 32.500 dollar AS (sekitar Rp 351 juta) di taksinya dan dikembalikan ke pemiliknya. Sumbangan itu dimulai ketika sebuah situs internet dibuat sebagai penghormatan kepada dia karena memperlihatkan kejujuran yang luar biasa. Sejauh ini sudah terkumpul dana yang setara dengan 14.580 dollar AS.

Santiago Gori, seorang sopir taksi di kota La Plata, menemukan uang itu setelah membawa sepasang orangtua. Mereka hanya naik taksi untuk jarak dekat. Namun, ketika mereka keluar, sebuah tas tertinggal di belakang taksinya. Beberapa hari kemudian, dia bisa menemui penumpang itu dan mengembalikan tas tersebut. Bagi orang Argentina yang terbiasa dengan korupsi di semua tingkat masyarakat, ini adalah cerita yang luar biasa.

Sebanyak dua pegawai biro iklan memutuskan membuat situs internet untuk mengucapkan terima kasih kepada Gori karena perilaku teladannya. Kini ribuan orang mengakses situs itu dan memberikan ratusan imbalan dan pesan bagi Gori.

Salah seorang pengunjung situs itu menawarkan pelajaran snow-boarding di tempat ski Bariloche, Argentina, sedangkan seorang pria Argentina di luar negeri berjanji membawa pemandu jalan elektronik bekas untuk taksinya manakala dia kembali.

Terima kasih,” kata banyak orang dalam pesannya dan satu di antaranya menyatakan, “Saya harap lebih banyak orang seperti Anda.” Namun, Gori hanya mengatakan bahwa dia melakukan apa yang harus dilakukan. Dia tidak begitu tahu untuk apa semua hal yang ditawarkan tersebut.

Sumber: Kompas

Semoga, dunia ini dipenuhi dan kembali diramaikan oleh orang-orang yang jujur, bukannya dunia akan lebih indah jika setiap orang berperilaku jujur dan melakukan apa yang harus dilakukan.

6 Responses to “Sopir Taksi Jujur dari Argentina”

  1. deni said

    Mungkin, yang menarik adalah adanya situs yang bisa memberikan penghargaan kepada mereka yang berbuat baik , apapun bentuknya , shg biar masyarakatlah yang menilai dan memberikan aprsiasi yang pantas . Pas jika ini diterapkan disini , untuk menggugah kembali prilaku masyarakat yg cendrung egois dan arogan saat ini, dan memotifasi kembali untuk selalu berbuat baik.

  2. ni said

    Andai semua orang di dunia jujur seperti santiago gori.

  3. reef said

    dimulai dr diri sendiri,dimulai dari yg kecil,dimulai dr sekarang,,saluttt

  4. nandang said

    Salute…..Alhamdulillah smoga jd contoh di Indonesia tercinta…..

  5. lie said

    wah.. sebuah perbuatan yang sangat mulia dan membuahkan rejeki untuk Mr.Gori dengan menerima sumbangan $14.580 dan mdptkn pelajaran snow-boarding di tempat ski Bariloche. Berbuat jujur n baik pasti selalu ada pahala nya

  6. rozi said

    Alhamdulillah, seorang sopir taxi “saja” bisa berbaut baik dan adil, tapi knapa orang yang lebih kaya malah sering berbuat tidak baik dan tidak adil. Mudah2an ini menjadikan pelajaran bagi setiap pembacanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: