Freddy Setiawan’s Journey

Hanya Sebuah Goresan

Parkir Motor

Posted by freddysetiawan on May 18, 2009

Hati-hati jika memarkir motor anda sembarangan dan meninggalkannya dalam waktu yang lama, bisa-bisa motor anda akan seperti ini .

Sekarang kita memasuki bagian serius. Berikut saya berikan tips memarkir motor,

Pertama-tama, tips meninggalkan motor ketika sedang di parkir

1. Memasang kunci pengamanan tambahan, seperti menggunakan kunci garpu depan atau kunci ban yang setidaknya akan menghambat si pencuri motor melangsungkan niatnya. Mengganti kunci original dengan model kembang yang tak mudah dibuka paksa dan menambahkan kunci stang. Pengamanan ini pun sebaiknya selalu digunakan setiap kali akan meninggalkan motor Anda di tempat parkir. Walaupun Anda hanya akan meninggalkan motor dalam waktu singkat, seperti mengambil uang di ATM atau mengambil barang di rumah.

2. Jika memarkirkan motor di halaman atau garasi rumah, usahakan untuk meletakannya di tempat yang paling dalam dan terhalang mobil atau benda lain, mengingat pencurian motor kadang juga dilakukan dengan cara mengangkatnya terlebih dulu dari area parkir di dalam rumah.

3. Usahakan untuk selalu memarkirkan motor di tempat yang aman, atau mendapat penerangan yang cukup.

4. Memarkirkan motor di area yang bisa terlihat dari kamera keamanan.

5. Jika perlu, kunci motor dengan barang-barang tak bergerak seperti pohon dengan menggunakan rantai untuk pengamanan maksimal.

6. Tak ada salahnya memasang alarm dengan bunyi-bunyian yang keras atau yang dapat mematikan mesin motor seketika saat dijalankan tanpa mematikan alarmnya terlebih dulu. Namun, pastikan bahwa pemasangan alarm ini dilakukan dengan benar agar tidak menimbulkan kerusakan. Oleh karenanya sebelum memasang alarm, tak ada salahnya mencari informasi terlebih dulu untuk mencari mekanik yang teliti dan dapat memasang alarm dengan baik.

7. Jangan tinggalkan barang-barang seperti helm, jaket, atau barang lainnya di motor, mengingat hal ini tanpa disadari justru menarik perhatian si tangan jahil mendatangi motor Anda.

8. Kalau ke 7 cara di atas sudah dilakukan, jangan lupa berdoa kepada Tuhan YME, agar kendaraan anda selamat dari aksi pencurian

Nah.. sekarang, cara memarkir motor. Jangan asal pegang, treatmentnya sendiri-sendiri

Memarkir motor ada dua pilihan. Pakai standar samping atau tengah, masing-masing ada ketentuannya. Standar sisi dipakai saat motor diparkir tidak terlalu lama. Sedangkan standar tengah dimanfaatkan saat motor diparkir cukup lama. Pada 2 standar yang dipakai saat parkir, masing-masing punya treatment sendiri untuk melepas fungsinya.

Buat standar samping, cara ngelepasnya gunakan kaki kiri. Sementara itu, tangan kiri memegang setang kiri dan tangan kanan memegang bodi motor. Biasakan melepas standar samping dulu sebelum motor dinaiki dan dihidupkan.

Lalu saat akan parkir pakai standar tengah, posisi rider ada di sisi kiri. Kemudian kaki kiri menginjak tuas standar tengah, sedangkan tangan kiri pegang setang kiri dan tangan kanan menarik pegangan (behel) belakang. Pun begitu, saat turunin motor dari standar tengah. Langkah awal, kedua tangan memegang hand grip (kiri-kanan) dan siap-siap menekan rem. Posisi rider di samping kiri besutan, dengan kaki kiri agak di depan (posisi kuda-kuda). Badan agak menunduk, biar lebih fleksibel mengikuti gerak motor saat turun, kemudian setang agak diangkat sedikit biar posisi motor agak mengangkat, yang dilanjutkan mendorong besutan ke depan. Hal tersebut agar lebih enteng buat melepas standar tengah.

Tapi kenyataannya, banyak juga rider menurunkan besutan dari standar tengah dengan tangan kiri memegang hand grip kiri. Sedang tangan kanan memegang behel belakang sambil didorong. Ini sangat berbahaya. Karena saat motor didorong ke depan, tak ada yang ngerem (bebek atau sport). Dikhawatirkan besutan nyelonong dan nabrak.

otomotifnet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: