Freddy Setiawan’s Journey

Hanya Sebuah Goresan

Mobil Terburuk

Posted by freddysetiawan on June 15, 2009

Daftar ini disusun oleh tim majalah TIME dan pemenang pulitzer automotive critic, Dan Neil.

Dalam daftar tersebut dibagi beberapa periode, yaitu tahun 1899-1939, 1940-1959, 1960-1974, 1975-1989, dan 1990 sampai sekarang.

Predikat mobil terburuk pertama diberikan kepada jenis Horsey Horseless yang dibuat pada tahun 1899. Pada periode 1990-sekarang, penemuan mobil terburuk terakhir kali pada tahun 2004 yang disandang Chevy SSR.

Inilah beberapa daftar mobil terburuk sepanjang masa:

1899 Horsey Horseless

Horsey Horseless diciptakan oleh Uriah Smith yang berasal dari Michigan, Amerika Serikat (AS). Pertimbangan dari Time untuk menjatuhkan mobil terburuk karena desain kepala kuda yang berada di bagian depan mobil.

Sangat bodoh. Tidak jelas apa yang diinginkan oleh Smith. Ia membuat kepala kuda buatan di depan mobil padahal mobil yang ia ciptakan jelas-jelas tidak bisa berlari sekencang kuda,” tulis Time.

1909 Ford Model T

Ford Model T merupakan mobil bersejarah bagi AS. Mobil ini berperan penting meningkatkan perekonomian AS saat ini karena ini mampu menampung barang di bagian belakang dan memiliki ruang yang lapang. Mobil yang diciptakan oleh engineer William C. Klann kemudian mendapatkan kritikan karena desain body panel dan komponennya yang aneh membuat mobil ini disebut oleh Time sebagai barang rongsokan alias piece of junk

1911 Overland OctoAuto

Menurut Time pencipta Overland OctoAuto, Milton Reeves, memiliki penglihatan yang sangat buruk. Ketika industri otomotif dunia di awal abad ke 20 berpikir untuk berinovasi dengan empat roda, Reeves malah menciptakan mobil beroda delapan. Ia mengungkap bahwa mobilMobil ini terlihat seperti monster karena memiliki panjang 20 kaki. Yang lebih menghebohkan bahwa mobil ini mendapat tanggapan negatif alias tidak ada yang mau beli. ciptaannya memiliki keunggulan dalam kenyamanan berkendara.

1913 Scripps-Booth Bi-Autogo

Mobil ini diciptakan oleh pria bernama James Scripps-Booth. The Bi-Autogo diklaim sebagai kendaraan beroda dua. Akan tetapi mobil ini memiliki empat roda kecil di bagian belakang yang masing-masing dibagi dua di kiri dan di kanan sehingga terlihat seluruhnya menjadi mobil roda tiga (dibagian depan terdapat satu roda). Mobil ini memiliki velg kayu sehingga tidak bisa melaju pada kecepatan tinggi karena tidak cukup kuat. Meski dibilang salah satu mobil terburuk, Bi-Autogo menjadi mobil pertama yang diciptakan di Detroit menggunakan mesin V8.

1920 Briggs and Stratton Flyer

Di tahun 1920an, industri otomotif sudah berkembang pesat. Produsen mobil mewah bermunculan seperti Rolls-Royce, Cadillac, Hispano-Suiza, dan Voisin saat itu menjadi pelopor mobil-mobil mewah. Flyer membuat sebuah mobil yang tidak memiliki body sama sekali, tidak ada suspensi, dan bahkan kaca. Mobil ini benar-benar hanya seperti sebuah triplek yang diberi roda dan stir saja dengan mesin Briggs and Stratton bertenaga 2hp di bagian belakang.

1933 Fuller Dymaxion

Mobil ini diciptakan oleh seorang desainer jenius R. Buckminster Fuller. Mobil berbentuk sebuah kapsul yang memilik roda ini terinspirasi dari badan pesawat terbang. Dymaxion hanya memiliki tiga buah roda. Sebuah kecelakaan fatal yang dialami oleh seorang konsumen, yang membuat publik enggan untuk membeli mobil ini. Namun mobil terbutuk ini sempat dipuji karena bentuknya yang futuristik ketika itu.

1934 Chrysler/Desoto Airflow

Mobil ini dinilai sejumlah analis otomotif terburuk dari sisi timing peluncurannya. Mobil yang didesain oleh Bolsheviks ini sayangnya memiliki masalah pada bagian mesin Chrysler dan Desoto terus mengembangkan permasalahan pada mesin ketika itu. Namun dari sisi penjualan mobil ini juga dinilai gagal. Masyarakat AS mengatakan “no, thanks” jika ditawari untuk membeli mobil ini oleh sales promotion ketika itu.

Time

One Response to “Mobil Terburuk”

  1. MOTROCOM said

    walaupun disebut mobil gagal, kalo ada yang ngasih mau juga sih.
    Kayanya nasibnya sama juga dengan perangko, yang salah cetak malah harganya lebih mahal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: