Freddy Setiawan’s Journey

Hanya Sebuah Goresan

Salah Jalan

Posted by freddysetiawan on August 3, 2009

Ada sebuah joke lama yang aku coba sharing hari ini, sebuah joke pendek yang berjudul salah jalan.

Alkisah, ada dua orang sedang mengemudi lewat jalan tol. Ketika menghidupkan radio mereka mendengar sebuah pengumuman: “Para pengendara diharap waspada, ada sebuah mobil berjalan kencang melawan arah di jalan tol.

Dengan lugu, orang di samping pengemudi menengok ke temannya dan berkata heran, “Sebuah mobil? Kayaknya ada ratusan mobil yang melawan arah tuh.

Betapa sering, kita merasa yakin dan bahkan amat sangat yakin dengan mantap, mutlak bahwa persepsi, pandangan dan jawaban kita benar, kita melihat orang-orang disekeliling kita yang salah, namun belakangan ternyata justru kita yang salah. Bahkan terkadang  ketika semua orang tidak sejalan dengan kita, dengan ego yang tinggi, kita masih terlalu yakin dengan jawaban kita, optimis dan yakin boleh, tapi ada batasnya.

Bahkan, ketika kita telah salah, kita terlalu berat mengakui kesalahan dan kekhilafan kita. Ego kita terlalu besar untuk mengaku kalah dan salah. Akui kesalahan kita. Setelah kita melakukannya, kita akan menyadari bahwa tidak apa-apa untuk mengakui kegagalan dan kesalahan. Semua orang juga pernah salah toh. Hanya orang hebat yang mampu mengakuinya dan meminta maaf.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: