Freddy Setiawan’s Journey

Hanya Sebuah Goresan

Otak Beku, Apa Penyebabnya?

Posted by freddysetiawan on October 3, 2009

Istilah otak beku sering digunakan orang ketika merasa buntu, tidak tahu harus mengerjakan apa atau tidak ada ide. Tapi kejadian otak benar-benar beku (brain freeze) memang ada dan sering dialami seseorang yang minum dingin dengan cepat.

Asal tahu saja udara dingin memang bisa membuat otak beku, darah mati, dan jantung berhenti berdetak. Ketika seseorang minum air dingin dengan cepat rasa dingin langsung menyergap kepala beberapa bahkan merasakan nyut-nyut alias pening.

Rasa sakit tersebut terjadi saat makanan dan minuman dingin menyentuh langit-langit mulut. Karena langit-langit tersebut keras sehingga menyebabkan rasa sakit dan kaku.

Sebenarnya tubuh dirancang untuk dapat menjaga suhu panas tubuh terutama terhadap sesuatu yang dingin. Bisa dengan cara aliran darah berkurang sehingga diameter pembuluh darah juga berkurang.

Saat pembuluh darah kembali normal, arteri di dalam langit-langit mulut menjadi melebar. Sehingga saraf dalam langit-langit tersebut menerjemahkan pelebaran sebagai rasa sakit dan itu yang biasa orang sebut dengan mengalami otak beku.

Seperti dikutip dari Brainhealth, biasanya hal ini hanya berlangsung selama beberapa detik, namun ada juga yang mengalaminya selama satu atau dua menit. Tapi sangat jarang yang berlangsung lebih lama dari itu.

Ada beberapa hal yang bisa membantu meringankan sakit tersebut, salah satunya adalah dengan memindahkan lidah ke langit-langit mulut untuk membantu menghangatkan. Atau bisa juga dengan cara minum air putih.

Sebuah penelitian dilakukan untuk melihat apakah ada hubungan antara otak beku dengan orang yang mengalaminya. Ternyata tidak semua orang mengalaminya dan orang yang menderita migrain cenderung lebih memungkinkan untuk mengalaminya. Biasanya hal ini terjadi setelah mengonsumsi sesuatu yang dingin.

Jika Anda sering mengalaminya, sebaiknya hati-hati dalam mengonsumsi segala sesuatu yang terlalu dingin dan juga jangan terlalu cepat dalam mengonsumsinya. Sehingga Anda benar-benar bisa menikmati es krim atau minuman dingin lainnya tanpa terganggu oleh sakit kepala yang bisa saja muncul.

DetikHealth

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: